Survei: Prabowo Tokoh Terpopuler, Disusul Sandiaga dan Anies

Gabriel Wahyu Titiyoga
25 April 2022, 08:55
Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan holding BUMN pertahanan di Surabaya, Rabu (20/4). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan holding BUMN pertahanan di Surabaya, Rabu (20/4). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling populer di masyarakat. Hasil survei lembaga penelitian kebijakan dan opini publik, Populi Center, menunjukkan 92,3 persen responden menyatakan mengenal nama Prabowo dan 70,6 persen di antaranya mengaku menyukai ketua umum partai Gerindra tersebut.

Adapun nama Sandiaga Salahuddin Uno, rekan Prabowo di partai Gerindra, berada di posisi kedua daftar tokoh terpopuler. Sebanyak 78,5 persen responden mengenal Sandiaga dan 65,1 persen di antaranya mengaku menyukai politikus yang juga menjabat sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif di kabinet Presiden Joko Widodo.

Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan, mengatakan bertahannya nama Prabowo dan Sandiaga di papan atas daftar tokoh terpopuler menjadi temuan menarik dalam survei tersebut. "Popularitasnya relatif sama dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir," ujar Rafif dalam pemaparan hasil survei pada Minggu (24/4).

Rafif mengatakan angka popularitas Prabowo dalam riset Populi Center pada Oktober 2020 sebesar 92,4 persen. Sementara di riset yang sama, angka popularitas Sandiaga mencapai 78,8 persen.

Hasil penelitian pada 2020 itu menunjukkan nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menempati urutan ketiga daftar tokoh paling dikenal dengan angka popularitas 77,6 persen. Dalam riset terbaru yang digelar 21-29 Maret lalu, angka popularitas Anies menjadi 78,1 persen.

Populi Center menggelar survei nasional ini untuk memotret dinamika politik menjelang pemilihan umum serentak pada 2024. Penelitian ini melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 120 desa dan kelurahan di 34 provinsi.

Menggunakan metode pemilihan responden acak bertingkat dan dengan porporsi gender seimbang, besaran sampel tiap wilayah dialokasikan sesuai dengan proporsi Daftar Pemilih Tetap sesuai data pemilihan umum 2019 dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

Hasil penelitian itu menunjukkan sejumlah nama tokoh populer lainnya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dengan angka popularitas sebesar 65,4 persen, disusul oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani (63 persen), Ridwan Kamil (62,8 persen), dan Tri Rismaharini (61 persen).

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, meraih angka popularitas 61,7 persen, diikuti oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang memperoleh 57,5 persen, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, yang mendapatkan 50,3 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...