10 BUMN Pemberi Dividen Terbesar

Oleh Yosepha Pusparisa, 4/6/2019, 06.17 WIB

Telkom merupakan BUMN yang membagikan dividennya dengan jumlah paling besar, yakni Rp 16,23 triliun.

10 BUMN Pemberi Dividen Terbesar
Unduh Infografik
Share

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan jumlah dividen yang akan dibagikan. BUMN yang memberikan dividen terbesarnya berasal dari berbagai sektor, seperti telekomunikasi, perbankan, nergi, konstruksi, dan pertambangan.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merupakan BUMN yang membagikan dividennya dengan jumlah paling besar, yakni Rp 16,23 triliun. Nominal tersebut adalah rasio tertinggi yang dicapai Telkom selama beberapa tahun terakhir.

Posisi Telkom diikuti oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dalam RUPST diputuskan untuk mengalokasikan dividennya sejumlah Rp 16,17 triliun sama dengan setengah dari laba bersih perusahaan tahun lalu sebesar Rp 32,35 triliun. Pemerintah Indonesia mendapat jatah Rp 18,51 triliun dari keempat bank BUMN, tiga di antaranya masuk dalam daftar 10 BUMN dengan pemberi dividen terbesar.

Setoran dividen BUMN ke negara memang fluktuatif. Namun, sumbangan laba BUMN diprediksi akan meningkat di tahun buku 2018. Kementerian BUMN optimistis total dividen pada 2018 dapat menyentuh Rp 43 triliun.