Volume Kendaraan Tinggi, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Macet Lagi

Happy Fajrian
22 Desember 2019, 16:49
jalan tol layang jakarta cikampek macet
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Kepadatan masih terjadi di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II karena pertemuan arus dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di kilometer 42.

Kepadatan arus lalu lintas masih terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Japek II) menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 pada Minggu (22/12) siang.

Kepadatan dipicu tingginya volume kendaraan dan pertemuan arus dua ruas tol tersebut di Kilometer (KM) 48 Tol Japek. Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas itu, Jasa Marga memberlakukan arus berlawanan (contraflow) dari KM 47 hingga KM 61 Jalan Tol Japek arah Cikampek sejak Minggu pagi sekitar pukul 08.20 WIB.

"Hal ini dilakukan atas diskresi aparat Kepolisian," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru di Jakarta hari ini.

Dwimawan menyebutkan, contraflow diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di KM48 dan titik menjelang tempat istirahat (rest area) di KM 50.

(Baca: Tol Layang Jakarta-Cikampek Sempat Ditutup, Ini Penjelasan Menhub)

Kepadatan arus sudah terjadi di KM42 hingga KM57 dimana pengendara hanya bisa memacu kendaraan dengan kecepatan sekitar 20-40 kilometer per jam. Kendaraan yang melintasi jalan tol pada Minggu ini didominasi kendaraan pribadi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...