Kementerian ESDM Jaga PSN Blok Masela dan IDD Berjalan Sesuai Jadwal

Image title
5 Agustus 2020, 14:55
kementerian esdm, proyek migas, proyek strategis nasional
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tak banyak berkomentar terkait nasib dua proyek migas yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Kedua proyek tersebut yaitu Indonesia Deepwater Development (IDD) oleh Chevron, dan proyek Abadi Blok Masela oleh Inpex Corporation.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada Rabu (5/8), Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial tidak menjawab secara spesifik pertanyaan awak media terkait kelanjutan pencarian mitra di Blok Masela, dan kejelasan Chevron dalam pengembangan proyek IDD.

Advertisement

"Proyek strategis nasional pemerintah dalam posisi menjaga agar sesuai timeline yang diputuskan," ujar Ego dalam konferensi pers, Rabu (5/8).

Padahal dikabarkan bahwa sebanyak 32 perusahaan menyatakan minat di Blok Masela dan meminta untuk dibukakan data room. Namun kewenangan untuk mengaskes data room Blok Masela masih menunggu persetujuan Kementerian ESDM.

Hingga kini pun Kementerian ESDM belum memberikan keterangan resmi terkait nasib kedua proyek yang masuk dalam daftar PSN tersebut. Padahal, realisasi dari proyek tersebut sangat penting dalam menjaga ketahanan energi nasional.

Sebelumnya, Shell Upstream Overseas berencana keluar dari proyek Abadi Blok Masela. Namun, Shell memastikan tetap akan mempertahankan bisnis lainnya di Indonesia yang bergerak di sektor hilir migas.

Rencana Shell keluar dari Blok Masela sebenarnya sudah diutarakan beberapa bulan lalu lantaran kondisi keuangan Shell yang tertekan. Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menilai mundurnya Shell akan berdampak besar terhadap perkembangan penyelesaian proyek.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement