Siapkan Regulasi, Anies Berencana Buka Bioskop Dalam Waktu Dekat

Image title
26 Agustus 2020, 11:52
anies baswedan, bioskop buka, pembukaan bioskop
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Pekerja memasang tanda jaga jarak saat simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuka kembali bioskop dalam waktu dekat setelah ditutup untuk menekan penyebaran virus corona. Rencana tersebut tengah dipersiapkan melalui regulasi yang akan mengatur protokol kesehatan dan pengawasan ketat dalam operasionalnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rencana pembukaan bioskop telah dirumuskan bersama dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan para pengusaha.

Kendati demikian, ia tidak membeberkan kapan bioskop akan kembali beroperasi. "Kami mengacu ke 47 negara yang saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa," kata Anies saat menggelar konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (26/8).

Dalam membuka kembali operasional bioskop Anies mengatakan akan mengacu pada skema yang diterapkan oleh Korea Selatan. Di sana bioskop masih terus beroperasi saat penyebaran pandemi masih berlangsung tinggi hingga saat ini dengan menerapkan berbagai kebijakan social distancing.

Seperti di antaranya jarak tempat duduk antar penonton, penayangan film yang lebih sedikit dari kondisi normal, disinfektan, dan pengukuran suhu tubuh. Bioskop di Korsel juga menerapkan layanan zero contact baik dalam pembelian tiket atau makanan ringan.

Anies menjelaskan protokol kesehatan yang sangat ketat akan diterapkan seperti penjualan tiket hanya secara daring dan wajib mencantumkan identitas diri. Hal ini agar pelacakan dapat dilakukan jika terjadi penularan virus corona di bioskop.

Selain itu, ada pembatasan usia bagi penonton minimal berusia 12 tahun dan maksimal tidak lebih berusia 60 tahun. Selama menonton film, masyarakat juga wajib menggunakan masker dan tidak diperbolehkan makan dan minum dalam bioskop.

"Bila ada pengelola yang tidak megikuti maka langsung akan ditutup karena Jakarta memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat," kata dia.

Pada kesempatan yang sama Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, pihaknya telah melakukan kajian terhadap rencana tersebut dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...