Pertama Kali sejak Juni, Australia Catatkan Nihil Kasus Baru Covid-19

Happy Fajrian
1 November 2020, 19:34
kasus covid 19 australia, nihil kasus covid 19 australia, covid 19, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Sandra Sanders/nz/cf
Seorang Petugas Layanan Perlindungan (PSO) berbicara dengan seorang warga di Melbourne setelah menjadi kota pertama di Australia yang mewajibkan memakai masker pelindung di tempat umum sebagai upaya membatasi penyebaran penyakit virus corona (COVID-19), Australia, Kamis (23/7/2020).

Australia mencatatkan nihil tambahan kasus baru Covid-19 pada Sabtu (31/10) untuk pertama kalinya sejak 9 Juni 2020. Capaian ini menjadi catatan penting dalam upaya negara kangguru dalam upayanya melawan virus corona dan membuka jalan untuk pelonggaran karantina wilayah alias lockdown.

Ibu kota Negara Bagian Victoria, Melbourne untuk hari kedua secara berturut-turut mencatatkan nihil penularan Covid-19. Negara bagian ini merupakan episentrum Covid-19 di Australia yang menyumbang lebih 90% dari total 907 kematian di seluruh Australia.

Namun sejak mengakhiri karantina wilayah ketat (lockdown) selama 112 hari pada Selasa (27/10), kota berpenduduk 5 juta jiwa ini hanya mencatatkan 7 kasus baru Covid-19.

“Informasi baru dari National Incident Centre – hari ini nihil kasus penularan di seluruh Australia. Pertama kalinya sejak 9 Juni. Terima kasih kepada semua petugas kesehatan kami yang luar biasa, dan tentu saja kepada rakyat Australia,” tulis Menteri Kesehatan Greg Hunt melalui Twitter, dikutip CNN, Minggu (1/11).

Sedangkan di seluruh Negara Bagian Victoria, jumlah kasus aktif Covid-19 terus mengalami penurunan selama 30 hari terakhir. Bahkan jumlah kasus baru di negara bagian ini sejak 13 Oktober dapat dipertahankan di bawah 10 kasus.

Keberhasilan tersebut berkat serangkaian langkah yang cepat dan tepat, yang  didukung kepatuhan masyarakat, sehingga berperan penting dalam mengendalikan pandemi sebelum membuat sistem kesehatan publik Australia kewalahan.

Survei Ipsos baru-baru ini oleh surat kabar The Age dan Nine News menunjukkan bahwa masyarakat Victoria mendukung penanganan pandemi oleh otoritas negara bagian itu.

Kepala Dinas Kesehatan Victoria Brett Sutton pada Minggu mengisyaratkan bahwa negara bagian tersebut kemungkinan akan lebih melonggarkan pembatasan pergerakan masyarakat dalam beberapa hari ke depan, namun mendesak masyarakat untuk terus mematuhi panduan.

"Kelonggaran apa yang akan diterapkan pastinya akan diinformasikan mungkin pekan ini. Melihat 50 ribu kasus baru dalam sehari di Perancis, dan Belgia yang mengirim pasien ke luar negeri karena sudah sangat kewalahan - itulah apa yang bakal kita hadapi jika kita tidak mampu mengatasinya," kata Sutton seperti dikutip Reuters.

Australia mengonfirmasi hanya lebih dari 27.500 kasus sejak awal pandemi, sebab negara itu langsung menutup perbatasan internasional dan memberlakukan pembatasan sosial serta memperbanyak pengujian dan penelusuran kasus.

Pada Jumat (30/10) pemerintah Australia telah memperingatkan warganya untuk tidak bepergian ke Amerika Serikat (AS), terkait risiko kekerasan aksi protes dan tentunya Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...