Operasikan Pesawat Tua, Sriwijaya Air Klaim Tak Ada Masalah Sebelumnya

Happy Fajrian
10 Januari 2021, 10:53
sriwijaya air, pesawat sriwijaya sj 182, pesawat jatuh
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Sebuah sea rider dari Basarnas bersiap melakukan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/1/2021). Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak pada Sabtu (9/1) sekitar pukul 14.40 WIB di ketinggian 10 ribu kaki tersebut membawa enam awak dan 56 penumpang.

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak, hilang kontak pada Sabtu (9/1). Pesawat buatan tahun 1994 itu diduga jatuh di perairan dekat Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Meski sudah berumur lebih dari 26 tahun, Direktur Utama Sriwijaya Air Jefferson Irwin Jauwena mengklaim bahwa kondisi pesawat dalam keadaan baik, karena sebelumnya terbang ke Pontianak dan Pangkal Pinang.

“Tidak ditemukan masalah (pada penerbangan sebelumnya). Laporan dari maintenance, lancar,” ujar Jefferson pada konferensi pers virtual, Sabtu (9/1) malam, seperti dikutip dari Antara.

Sebelum terbang, pesawat tersebut juga sempat mengalami keterlambatan atau delay selama 30 menit, namun bukan karena masalah teknis. “Delayed (terlambat) karena hujan deras sebelum boarding,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto mengatakan bahwa pihaknya tengah mengumpulkan data-data untuk keperluan investigasi, termasuk data cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Kalau cuaca kami koordinasi dengan BMKG. Kami bersama BMKG akan mengevaluasi cuaca saat itu,” kata Soerjanto.

Selain itu ada laporan yang menyebutkan bahwa ada nelayan yang melihat ada pesawat jatuh. “Kami juga akan mewawancarai nelayan yang katanya melihat pesawat jatuh. Saya belum bicara dengan nelayan,” kata dia menambahkan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...