Nissan Note Hybrid Laku di Jepang, Ini Jajaran Mobil Listrik di RI

Happy Fajrian
2 Februari 2021, 17:16
mobil listrik, mobil hybrid,
Arief Kamaludin|KATADATA
Mobil listrik Nissan E-Power di acara GIIAS 2017, Tangerang, Banten, Kamis (10/8).

Mobil listrik Nissan Note e-POWER laris manis di negara asalnya, Jepang. Sejak resmi diluncurkan pada akhir Desember 2020, penjualan mobil listrik hybrid ini menembus angka 20 ribu unit atau lebih dari dua kali lipat target penjualan bulanan sebanyak 8 ribu unit.

Mobil ini diterima dengan sangat baik di pasar otomotif Jepang karena memiliki akselerasi yang halus serta deselerasi yang stabil, suasana kabin yang senyap. Adapun 80% penjualan Nissan Note e-POWER merupakan varian tertingginya yakni Note X.

Advertisement

“Note memainkan peran penting terhadap transformasi bisnis global Nissan. Pada akhir 2023, Nissan menargetkan untuk menjual lebih dari satu juta unit mobil listrik murni dan e-POWER setiap tahunnya,” tulis Nissan Global dalam siaran pers.

Nissan Note X merupakan mobil listrik hybrid bermesin e-POWER yang merupakan kombinasi antara mesin pembakaran internal berbahan bakar minyak (bbm) dengan motor listrik.

Berbeda dengan mobil hybrid lainnya, mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) e-POWER hanya berfungsi sebagai pengisi daya baterai listrik lithium ion yang menjadi sumber tenaga motor listrik. Sehingga  mobil ini tidak membutuhkan pengisi daya listrik eksternal.

Ada tiga mode berkendara mobil Nissan e-POWER, yakni EV Mode, murni mobil listrik di mana mesin ICE tidak menghasilkan tenaga listrik; S Mode, mesin ICE menghasilkan energi listrik untuk meningkatkan performa motor listrik, serta ECO Mode yang mengoptimalkan kinerja  mesin untuk efisiensi maksimal.

Nissan Note e-POWER sementara ini belum masuk ke Indonesia. Namun Nissan mengklaim mobil ini sangat cocok untuk pasar tanah air karena kondisi pasokan listrik dan fasilitas pengisi daya mobil listrik yang belum merata.

Namun Nissan telah meluncurkan mobil dengan teknologi e-Power di Indonesia pada September 2020, yakni Nissan Kicks yang dibanderol mulai Rp 451 juta per unit on the road (OTR).

Jenis-Jenis Mobil Listrik

Era mobil listrik baru saja dimulai di Indonesia. Namun harganya yang masih relatif tinggi menjadi salah satu penghalang mobil ramah lingkungan ini beredar lebih banyak di jalan raya. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) penjualan mobil listrik pada 2020 hanya 1.235 unit.

Berdasarkan mesinnya ada tiga jenis mobil listrik yakni hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), dan murni listrik atau battery electric vehicle (BEV).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement