AstraZeneca Tegaskan Vaksinnya Tidak Mengandung Babi atau Hewani

Happy Fajrian
21 Maret 2021, 14:12
vaksin astrazeneca, astrazeneca haram, vaksin virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Botol kecil dengan label vaksin penyakit virus corona (Covid-19) Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil Jumat (19/3/2021).

Perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca buka suara terkait klaim yang menyatakan bahwa vaksin virus corona buatannya mengandung bahan turunan dari babi, sehingga haram untuk digunakan bagi mereka yang beragama Islam.

“Pada semua tahap proses, vaksin vektor virus ini tidak menggunakan atau bersentuhan dengan produk turunan babi atau produk hewani lainnya,” kata juru bicara AstraZeneca Indonesia Rizman Abudaeri seperti dikutip Reuters, Minggu (21/3).

Advertisement

Sebelumnya Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa vaksin buatan AstraZeneca yang akan digunakan untuk program vaksinasi di tanah air haram digunakan karena pada proses pembuatan inang virusnya produsen menggunakan tripsin yang diekstraksi dari pankreas babi.

Tripsin bukan bahan baku utama virus, melainkan bahan yang digunakan untuk memisahkan sel inang virus dengan micro carier virus. Meski demikian MUI menyatakan vaksin AstraZeneca mubah untuk digunakan atau dibolehkan karena dalam kondisi darurat pandemi Covid-19.

Keputusan ini tercantum dalam Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2021 tentang Hukum Penggunaan Vaksin Covid-19 Produksi AstraZeneca.

“Ada kondisi kebutuhan yang mendesak (hajah syar’iyah) yang menduduki kondisi darurat syar’iyah,” ujar Ketua MUI Bidang Fatwa, KH. Asrorun Niam Sholeh, Jumat (19/03) di Jakarta, seperti dikutip dari laman resmi MUI.or.id.

Menurutnya kondisi darurat ini diperkuat dengan pernyataan beberapa ahli yang dihadirkan dalam sidang fatwa MUI yang menyebutkan bahwa risikonya fatal jika vaksinasi ini tidak berjalan. Padahal tujuan vaksinasi adalah menciptakan kekebalan komunal (herd immunity).

Sedangkan vaksin yang sudah terjamin halal, yakni vaksin CoronaVac buatan Sinovac, hanya tersedia sekitar 140 juta dosis, dan yang bisa digunakan hanya 122,5 juta dosis. Jumlah tersebut hanya mencakup sekitar 28% penduduk, jauh di bawah syarat terciptanya herd immunity sebesar 70%.

“Pemerintah juga tidak memiliki keleluasaan memilih jenis vaksin Covid-19 mengingat keterbatasan vaksin yang tersedia. (Selain itu) ada jaminan keamanan penggunaannya (vaksin AstraZeneca) oleh pemerintah,” ujar Kiai Niam.

Menurut data Duke Global Health Innovation Center, vaksin AstraZeneca merupakan vaksin dengan pembelian paling besar di dunia. Per November 2020, sekitar 2,5 miliar dosis vaksin ini terjual di seluruh dunia. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement