Permintaan Mulai Pulih, Harga Rumah Naik Lebih 5% pada Maret

Happy Fajrian
25 April 2021, 18:59
harga rumah, harga rumah naik
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Dua orang bocah melintas di samping rumah Kredit Pemilikan Rumah (KPR),Setu,Kabupaten Bekasi,Jawa Barat, Selasa (20/4/2021).

Harga rumah secara nasional terus menunjukkan peningkatan seiring meningkatnya permintaan hunian di masa pandemi Covid-19. Menurut hasil riset Housing Finance Center (HFC) milik Bank Tabungan Negara (BTN), kenaikannya mencapai 5,24% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Maret 2021.

Menurut hasil riset tersebut kenaikan harga rumah terutama ditopang oleh pertumbuhan signifikan pada hunian tipe 70. Pasalnya, pandemi mengubah pola hidup masyarakat di mana mayoritas kegiatan dilakukan di rumah.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan kenaikan harga rumah secara nasional yang terekam dalam BTN House Price Index (HPI) atau indeks harga rumah tersebut, sejalan dengan kebutuhan mendesak akan hunian di masa pandemi ini.

“Kenaikan tersebut menjadi peluang besar bagi sektor perumahan untuk tumbuh  positif setelah setahun penyebaran virus Corona terjadi di Indonesia. Kami meyakini sektor perumahan nasional akan semakin terakselerasi,” ujarnya melalui keterangan yang diterima Katadata.co.id, Minggu (25/4).

Selain kebutuhan perumahan yang mendesak, lanjut dia, berjalannya program vaksinasi, infrastruktur yang terus dibangun, stimulus dan subsidi di sektor perumahan dari pemerintah, dan ekosistem perumahan yang terus dikembangkan oleh Bank BTN akan menjadi faktor yang mendorong sektor ini.

Sementara itu Investor Relations and Research Division Head Bank BTN Winang Budoyo merinci HPI nasional naik dari 170,12 di Maret 2020 menjadi 179,02 Maret 2021. Rumah tipe 70 naik 5,49% yoy dari 153,40 menjadi 161,82 per triwulan I/2021.

Peningkatan signifikan harga rumah di tipe 70 tersebut, lanjut Winang, bahkan lebih tinggi dari pada pertumbuhan sebelum pandemi yaitu sebesar 4,86% yoy di Desember 2019.

“Vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu program Pemerintah sepertinya telah memberikan kepastian kondisi ekonomi ke depannya, sehingga masyarakat mulai percaya diri untuk kembali melakukan pembelian rumah,” tutur Winang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...