Di Tengah Perdebatan Proyek Pipa Cisem, SKK Migas Jamin Pasokan Gas

Image title
27 April 2021, 11:13
pasokan gas, cisem, skk migas
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi pipa gas.

SKK Migas menjamin ketersediaan pasokan gas hulu pada proyek pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem). Pasalnya akan ada tambahan pasokan gas dengan adanya tambahan produksi dari lapangan yang mulai onstream mulai 2022 hingga 2025 untuk wilayah Jawa Timur.

Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Arief Setiawan Handoko, memastikan pasokan gas Jawa Timur mulai tahun depan tidak akan mengalami gangguan karena proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) - Blok Cepu, Blok Muriah, Blok Lengo dan Blok-Blok lainnya yang sedang dalam eksplorasi maupun POD.

Advertisement

Namun yang paling penting saat ini yakni terkait kepastian permintaan volume gas yang benar-benar dibutuhkan. Mengingat proyek Cisem ini cukup panjang dan membutuhkan investasi yang sangat besar.

"Demandnya berapa, volume berapa dan harga berapa. Itu yang penting. Kalau dari sisi hulu ada gas dari 2022-2025 sementara," ujarnya dalam Konferensi Pers Kinerja Hulu Migas Kuartal 1 2021 secara virtual, Senin (26/4).

Oleh sebab itu, jika proyek cisem ini nantinya akan dibangun menggunakan dana APBN, swasta, ataupun BUMN, maka akan memperhitungkan tingkat pengembalian investasinya. Ini akan mempengaruhi besaran biaya transmisi yang dibebankan ke pembeli gas.

Adapun hingga 2025 kawasan tersebut diproyeksikan akan kelebihan pasokan gas yang mencapai sekitar 200 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement