Pertamina Klaim Subholding Pangkas Birokrasi & Pacu Kinerja Hulu Migas

Image title
27 April 2021, 20:20
pertamina, subholding hulu, kinerja hulu migas
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas berkomunikasi saat memeriksa Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Pertamina membantah bahwa pembentukan subholding upstream menghambat kinerja di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas). Perusahaan energi pelat merah ini mengklaim perubahan organisasi di hulu menjadikan kegiatan di sektor tersebut lebih adaptif, lincah, dan efisien.

Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina Whisnu Bahriansyah mengatakan bahwa melalui subholding upstream, sinergi seluruh wilayah kerja melalui regionalisasi justru dapat meningkatkan keunggulan operasional, mempercepat proses pengembangan bisnis serta pengambilan keputusan karena berkurangnya birokrasi.

Terkait persoalan keputusan akhir investasi (Final Investment Decision/FID), Whisnu menegaskan Pertamina telah mengikuti proses-proses dan tahapan-tahapan sesuai dengan standar industri. Terutama untuk memastikan bahwa investasi yang dilakukan dapat dilaksanakan dengan OTOBOSOR (On Time, On Budget, On Schedule, On Return).

"Pada organisasi baru, terdapat tim yang berdedikasi menangani hal ini untuk menjamin kualitas proyek yang baik dengan proses perencanaan yang efisien," Whisnu kepada Katadata.co.id, Selasa (27/4).

Ia menyebut subholding upstream Pertamina tetap berkomitmen untuk terus melakukan percepatan-percepatan. Sehingga target-target yang sudah disepakati dapat dipenuhi, serta memastikan proses transisi dalam transformasi yang dilakukan tidak mengganggu seluruh pencapaian kinerja.

SKK Migas sebelumnya menilai pembentukan subholding hulu migas Pertamina sebagai biang keladi lambatnya perusahaan pelat merah ini dalam membuat FID. Hal ini menyebabkan capaian kinerja Pertamina di sektor hulu migas rendah.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...