RI dan Azerbaijan Kerja Sama Migas dan Energi Baru Terbarukan

Image title
3 Mei 2021, 16:01
kerja sama, indonesia, azerbaijan, migas, energi baru terbarukan
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Ilustrasi. Indonesia dan Azerbaijan bekerja sama pada pengembangan sektor hulu dan hilir migas, serta pada bidang energi baru terbarukan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja menandatangani nota perjanjian kerja sama di bidang energi dengan Azerbaijan dalam pengembangan sektor hulu dan hilir minyak dan gas bumi (migas), serta energi baru dan terbarukan (EBT).

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Menteri Energi Republik Azerbaijan Parviz Shahbazov secara virtual hari ini, Senin (3/5). Arifin menyebut penandatanganan ini menjadi penanda level baru hubungan kerja sama bidang energi yang lebih erat di antara kedua negara.

"Harapan saya, kerja sama bidang energi antara Indonesia dan Azerbaijan akan berkembang dan dapat ditingkatkan ke level yang lebih tinggi," kata Arifin dalam keterangan tertulis, Senin (5/3).

Dokumen tersebut juga mencakup pelaksanaan proyek bersama tentang kerjasama ilmiah dan teknis, pelatihan dan pengembangan, promosi investasi di sektor energi, penyelenggaraan seminar bersama, konferensi dan discussion board tentang energi.

Selain itu, pihaknya juga berencana membentuk kelompok kerja bersama untuk meninjau dan implementasi masalah-masalah yang timbul dari memorandum tersebut.

Menurut Arifin situasi pandemi yang melanda dunia saat ini, yang dibarengi dengan perlambatan ekonomi, menjadi tantangan nyata. Terutama bagi berbagai negara dalam menyingkirkan hambatan di sektor energi, salah satunya dengan transisi energi.

"Selain mengandalkan penggunaan bahan bakar konvensional untuk mengamankan rantai distribusi, Indonesia saat ini juga berkomitmen untuk melaksanakan transisi energi," katanya.

Sementara, Shahbazov menyampaikan Indonesia dan Azerbaijan tercatat memiliki hubungan perdagangan migas yang berpotensi untuk dikembangkan. Apalagi saat ini Azerbaijan juga memiliki target untuk meningkatkan komposisi energi baru dan terbarukan dalam bauran energi mereka.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...