PLN Pulihkan 100% Sambungan Listrik di NTT Usai Terjangan Badai Seroja

Image title
10 Mei 2021, 17:01
pln, listrik, ntt, badai seroja,
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc.
Sejumlah petugas PLN sedang memasang jaringan listrik di tower 19 yang roboh akibat Siklon Seroja pada Minggu (4/4) lalu di desa Tuanfeu, Kabupaten Kupang, NTT, Selasa (13/4/2021).

PLN berhasil memulihkan sambungan listrik 635.979 pelanggan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sempat terputus setelah diterjang badai siklon tropis Seroja. Seluruh 4.002 gardu distribusi listrik yang rusak telah berhasil dipulihkan.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN Syamsul Huda mengatakan sebanyak 1.812 personil didatangkan dari berbagai daerah untuk memulihkan sambungan listrik di NTT. PLN mengoperasikan menara darurat (tower emergency) 70 kilovolt (Kv).

"Pada Minggu 9 Mei malam hari seluruh gardu distribusi sudah bisa dinyalakan. Sehingga pada hari ini senin 10 Mei 2020 jam 12 WIT total 4.002 gardu dan 635.979 pelanggan telah menyala seluruhnya," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/5).

Tower darurat ini dibangun untuk menggantikan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) bertegangan 70 kV yang rusak diterjang badai. Meski demikian, PLN tetap fokus untuk membangun tower permanen.

Oleh karena itu PLN tengah mensurvei lokasi untuk menempatkan menara-menaranya yang rawan ke tanah yang lebih stabil dan memperkuat pondasi tapak agar tower lebih kokoh. Pembangunan tower permanen ini kira-kira membutuhkan waktu sedikitnya tiga bulan.

"Mudah-mudahan bisa terbangun tower permanen, ini butuh dukungan semua pihak sehingga tower ini dapat segera terbangun," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...