Harga Minyak Dunia Naik Tiga Minggu Berturut, Tembus US$ 69 per Barel

Happy Fajrian
17 Mei 2021, 12:04
harga minyak
Katadata
Pengeboran minyak lepas pantai.

Harga minyak mentah dunia terus merangkak naik pada perdagangan Senin (17/5). Kenaikan harga minyak sejalan dengan pulihnya permintaan energi di sejumlah wilayah yang mendorong optimisme konsumsi bahan bakar. Kenaikan harga minyak telah berlangsung selama tiga minggu terakhir.

Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, beriringan dengan Eropa, menunjukkan pemulihan kuat dari pandemi Covid-19. Perbaikan itu disokong oleh percepatan vaksinasi. Meski demikian, kenaikan harga minyak masih dibayangi kasus Covid-19 yang bergejolak di sejumlah bagian Asia.

Advertisement

Dikutip dari Bloomberg, hingga pukul 09.55 WIB harga minyak jenis Brent pagi ini naik 0,13% menjadi US$ 69 per barel walau sempat turun tipis US$ 0,08 ke US$ 68,63 per barel pada awal perdagangan. Sementara West Texas Intermediate (WTI) naik 0,17% menjadi US$ 65,64 per barel, sempat turun US$ 0,07 ke US$ 65,30.

“Harga minyak berpotensi tertekan karena gelombang pandemi Covid-19 yang menyebar dari India ke bagian lain di Asia yang memicu kekhawatiran pemulihan bahan bakar yang lebih lambat,” kata kepala analis pialang komoditas Fujitomi Co., Kazuhiko Saito, dikutip Reuters, Senin (17/5).

Pemulihan jaringan pipa utama bahan bakar di AS yang meredakan kekhawatiran langkanya pasokan, serta gelombang Covid-19 yang memicu kekhawatiran penurunan permintaan.

Kelangkaan bahan bakar, terutama bensin, yang melanda pantai timur AS perlahan mulai berkurang pada Minggu (16/5). Lebih dari 1.000 stasiun pengisi bahan bakar (SPBU) telah menerima pasokan bensin pasca serangan siber yang melumpuhkan sistem jaringan Colonial Pipeline sepanjang lebih 8.900 km.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement