Goldman Sachs Ramal Harga Minyak Naik Menembus US$ 80 pada Kuartal IV

Happy Fajrian
25 Mei 2021, 14:14
harga minyak, goldman sachs,
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak.

Goldman Sachs memperkirakan harga minyak mentah dunia akan naik ke level US$ 80 per barel pada kuartal IV tahun ini. Menurut bank investasi terkemuka dunia ini, pasar telah meremehkan pulihnya permintaan, bahkan dengan kemungkinan dicabutnya sanksi ekspor minyak Iran.

Presiden Iran Hassan Rouhani pekan lalu mengatakan bahwa negara-negara adidaya di dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) siap untuk mencabut sanksi pada minyak, perbankan, dan sektor logistik negaranya.

Potensi ekspor minyak dari Iran langsung menekan harga minyak mentah jenis Brent. Meski demikian Goldman Sachs meyakini pulihnya permintaan akan tetap mendongkrak harga meskipun ada tambahan pasokan minyak dunia dari dicabutnya sanksi Iran.

“Bahkan jika Iran kembali mengekspor minyaknya pada Juli, harga Brent tetap akan mencapai angka US$ 80 pada kuartal IV tahun ini,” tulis Goldman Sachs dalam sebuah catatan, dikutip dari Reuters pada Selasa (25/5).

Hal ini lantaran pasokan minyak bersifat tidak elastis. Sehingga pulihnya permintaan energi yang dipicu oleh terus berjalannya vaksinasi yang akan mengembalikan aktivitas perekonomian akan mendorong kenaikan harga minyak.

Goldman Sachs mengatakan pemulihan permintaan di pasar maju akan mengimbangi pukulan yang disebabkan virus corona baru-baru ini terhadap konsumsi dan kemungkinan pemulihan yang lebih lambat di Asia Selatan dan Amerika Latin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...