Optimisme Pulihnya Permintaan Kerek Harga Minyak Tembus US$ 70 / Barel

Happy Fajrian
19 Mei 2021, 10:51
harga minyak,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Area Refinery Unit V Pertamina Balikpapan Kalimantan Timur.

Harga minyak mentah dunia terus merangkak naik dipicu optimisme pulihnya permintaan seiring dengant terus meluasnya vaksinasi di negara-negara maju dan pelonggaran pembatasan Covid-19.

Pelonggaran pembatasan ini diyakini akan mendorong lonjakan perjalanan dan peningkatan ekonomi yang lebih luas. Kenaikan harga minyak juga didorong kekhawatiran pasokan jangka panjang yang semakin meningkat.

Harga minyak mentah jenis Brent sempat menembus US$ 70,24 per barel pada awal sesi perdagangan di London, Inggris. Meskipun saat ini sudah turun kembali ke level US$ 67,83 per barel. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) pagi ini berada pada level US$ 64,64 per barel.

“Euforia tercermin dalam keyakinan umum bahwa kebangkitan ekonomi akan segera dibarengi dengan pemulihan permintaan minyak,” kata analis pialang minyak PVM, London, Tamas Varga, seperti dikutip Financial Times, Rabu (19/5).

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa pemulihan ekonomi masih menghadapi hambatan seperti munculnya varian virus corona baru di India, yakni varian B.1.617.2.

Virus ini telah menyebabkan lonjakan kasus dan angka kematian di negara berpenduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa tersebut. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun meyakini varian virus ini telah menyebar hingga ke 49 negara lainnya di dunia.

Kenaikan harga minyak beberapa waktu terakhir ini juga terkait dengan kekhawatiran pasokan minyak jangka panjang tidak dapat mengimbangi pulihnya permintaan dan konsumsi. Hal ini seiring berkurangnya investasi perusahaan minyak dalam produksi masa depan karena masalah lingkungan.

Sementara permintaan minyak jangka panjang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada satu dekade mendatang. Namun hal tersebut masih berpotensi menyisakan periode di mana konsumsi meningkat sementara pertumbuhan produksi melambat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...