Bisakah Penyintas Kanker Ovarium Dapat Vaksinasi Covid-19?

Happy Fajrian
30 Mei 2021, 13:30
vaksinasi covid 19, vaksin covid 19, kanker ovarium, penyintas kanker
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan mengambil vaksin Covid-19 AstraZeneca sebelum disuntikkan di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021).

Virus corona menyebar secara masif di seluruh dunia, menginfeksi semua orang, termasuk penderita penyakit berat dan penyintasnya. Pertanyaannya, bolehkah para penyintas penyakit berat ini, kanker ovarium misalnya, untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19?

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Universitas Airlangga, dr Pungky Mulawardhana, Sp.OG (K) mengatakan bahwa penyintas kanker ovarium boleh menerima vaksin Covid-19 jika sudah dipastikan tidak menjalani perawatan seperti terapi dan kemoterapi.

“Kalau masih kemoterapi, tunda dulu untuk hindari efek samping yang tidak diinginkan, jangan paksakan vaksinasi," kata Pungky dalam webinar kesehatan, dikutip dari Antara, Minggu (30/5).

Namun bila sudah dinyatakan sebagai penyintas dan telah selesai menjalani perawatan dan terapi, serta dinyatakan aman oleh dokter, penyintas kanker ovarium diperbolehkan mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 tahap ketiga untuk masyarakat umum akan dilaksanakan mulai Juni 2021. Sasarannya adalah 140 juta orang, dengan memprioritaskan kelompok masyarakat rentan. Lokasi sasarannya di daerah urban, zona merah serta daerah dengan masyarakat kurang mampu.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Tingkat Pusat & Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan vaksinasi tahap ketiga dikhususkan untuk kelompok Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, dan tinggal di wilayah rentan terhadap penyebaran Covid-19 di Jakarta.

Simak perkembangan vaksinasi Covid-19 di Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...