Percepat Tes, Hasil Rapid Antigen Kini Jadi Acuan Pelacakan Covid-19

Happy Fajrian
24 Juli 2021, 18:36
rapid antigen, pelacakan, covid 19, kemenkes
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/wsj.
Petugas medis melayani tes Rapid Antigan Covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengizinkan hasil tes rapid antigen (RDT-Ag) sebagai data acuan untuk melakukan tracing atau pelacakan kontak erat pasien yang positif Covid-19. Ketentuan ini berlaku di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor H.K.02.02/II/1918 /2021 tentang Percepatan Pemeriksaan dan Pelacakan Dalam Masa PPKM yang ditetapkan pada 23 Juli 2021 dan diterima di Jakarta, Sabtu (24/7).

Advertisement

Dalam ketentuan itu juga disebutkan rapid antigen dapat dipakai untuk diagnosa pelacakan kontak erat maupun suspek yang masuk kategori PPKM level 3 dan 4. Kebijakan ini diutamakan bagi daerah yang alat diagnosisnya terbatas, sehingga hasilnya bisa diketahui lebih cepat dan tes dapat dilakukan secara masif sehingga dapat mempercepat tracing atau pelacakan kontak erat.

"Bagi daerah yang tidak ada fasilitas laboratorium PCR, pelaksanaan exit test bisa menggunakan rapid antigen," kata Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, seperti dikutip Antara.

Maxi mengatakan surat edaran tersebut merupakan upaya pemerintah dalam percepatan testing dan tracing di masa PPKM. “Surat edaran ini dimaksudkan untuk percepatan penanggulangan pandemi pada masa PPKM melalui penguatan pilar deteksi dengan pelaksanaan peningkatan jumlah pemeriksaan dan pelacakan kontak,” katanya.

Maxi mengatakan penguatan testing dan tracing ini akan diutamakan bagi wilayah dengan mobilitas masyarakat dan tingkat penularan kasusnya tinggi, sehingga dengan mengetahui kasus lebih cepat.

Selain penguatan testing, Kementerian Kesehatan juga memperketat penanganan kontak erat. Seluruh kontak erat dari kasus terkonfirmasi harus di karantina sampai hasil tes menyatakan negatif agar tidak menjadi sumber penularan di tengah masyarakat.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement