Studi: Suntikan Booster Sinovac Lebih Efektif daripada Dicampur Pfizer

Happy Fajrian
21 Agustus 2021, 10:56
sinovac, vaksin virus corona, pfizer, covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Sebuah vaksin COVID-19 Sinovac beserta jarum suntiknya.

Hasil penelitian di Turki menunjukkan bahwa orang yang telah mendapatkan dosis lengkap vaksin virus corona (Covid-19) buatan Sinovac dapat meningkatkan kekebalannya lebih efektif dengan suntikan booster vaksin yang sama alih-alih mencampurnya dengan vaksin Pfizer.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 30 juta warga Turki mengindikasikan tingkat perlindungan tertinggi diraih oleh orang yang mendapatkan tiga dosis vaksin yang berbasis virus tidak aktif/mati.

“Tingkat perlindungan yang diraih lebih tinggi dibandingkan mereka yang telah mendapatkan dua dosis vaksin tersebut kemudian di-booster menggunakan vaksin yang berbasis mRNA,” kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca, seperti dikutip dari Nikkei Asia pada Sabtu (21/8).

Koca tidak menyebutkan secara spesifik merek vaksin yang dia maksud. Namun saat ini vaksin yang berbasis virus mati yang digunakan di Turki adalah vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotech, sedangkan vaksin mRNA merujuk pada vaksin buatan Pfizer dan BioNTech.

Sebagian besar warga Turki lebih memilih menyuntikkan penguat menggunakan vaksin Pfizer karena diyakini lebih efektif. Pasalnya, vaksin Pfizer memang memiliki efikasi hingga 95%, sedangkan Sinovac hanya 51%.

Namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suntikan booster menggunakan vaksin yang sama lebih efektif meningkatkan perlindungan. Simak rasio penduduk yang telah divaksinasi penuh secara global pada databoks berikut:

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...