Kapal Tanker Pertamina Disewa Trader Minyak Terbesar Ke-2 Dunia

Image title
6 September 2021, 12:15
pertamina, kapal tanker, trafiguro, mt gamsunoro
Pertamina
Kapal tanker MT Gamsunoro milik Pertamina disewa oleh perusahaan perdagangan minyak terbesar kedua di dunia berbasis di Swiss, Trafigura Group.

Pertamina International Shipping (PIS) semakin melebarkan sayap bisnisnya di dunia. Melalui cabang bisnisnya di Singapura, PIS Pte Ltd Singapore, perusahaan menyewakan kapal tanker kepada perusahaan multinational commodity trading yang berpusat di Jenewa, Swiss, Trafigura Group Pte Ltd.

Kapal tanker PIS yang bernama MT Gamsunoro disewakan secara time charter kepada Trafigura. MT Gamsunoro merupakan kapal berjenis dirty petroleum product (DPP) Aframax Tanker dengan bobot mati 105.638 metrik ton yang dibuat pada 2014.

"Delivery kapal MT Gamsunoro kepada Trafigura dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2021 di Singapura dengan rencana trading area Teluk Arabia hingga Asia Timur," ujar Direktur Utama PIS, Erry Widiastono, dalam keterangan tertulis, Senin (6/9).

Erry Widiastono menyampaikan bahwa pihaknya saat ini terus mendorong terjadinya kerja sama dengan perusahaan multinasional. Khususnya di regional Asia, dalam rangka memperkuat bisnis dan mewujudkan visi PIS sebagai sebagai perusahaan logistik kelautan terintegrasi.

Direktur Operasi PIS Arief Kurnia Risdianto menyebut sebagai salah satu perusahaan commodity trading besar di dunia, Trafigura menerapkan standar keselamatan yang ketat. Misalnya seperti kewajiban kapal untuk dapat memenuhi standar Ship Inspection Report Programme (SIRE).

"Dan MT Gamsunoro dapat memenuhi persyaratan tersebut melalui inspeksi yang dilakukan pada 14 Juli 2021," ujarnya.

Inspeksi SIRE ini dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus. Terbitnya SIRE approval ini menegaskan kualitas kapal MT Gamsunoro telah sesuai standar dan persyaratan yang berlaku di industri perkapalan internasional.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...