Pertamina - Produsen Obat Turki Jajaki Kerja Sama Produksi Parasetamol

Happy Fajrian
13 Oktober 2021, 11:59
pertamina, parasetamol, turki, retno marsudi,
Katadata | Dok.
Pertamina dan produsen obat asal Turki Abdi Ibrahim menjajaki kerja sama untuk memproduksi parasetamol di fasilitas kilang milik Pertamina.

Pertamina tengah menjajaki potensi kerja sama dengan perusahaan farmasi terkemuka asal Turki, Abdi Ibrahim, untuk berbagi teknologi dan memproduksi parasetamol di fasilitas milik PT Kilang Pertamina Internasional di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat berkunjung ke Ankara, Turki, pada 11-12 Agustus 2021. Dalam kunjungannya ia didampingi tim dari Kementerian Kesehatan, Pertamina, dan Waskita Karya.

“Pertamina melalui PT KPI telah melakukan pembicaraan dengan salah satu perusahaan farmasi terkemuka Turki, yaitu Abdi Ibrahim dan mereka sepakat menjajaki kerja sama berbagi teknologi dan memproduksi produk farmasi di fasilitas kilang Pertamina,” kata Menlu Retno dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (13/10).

Menurut Retno Pertamina telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Abdi Ibrahim untuk memproduksi parasetamol. “Pemerintah berharap agar kerja sama industri farmasi ini dapat memperkuat pemenuhan pasokan domestik dan mengurangi impor bahan baku obat,” ujarnya.

Terkait hal ini, Pertamina, melalui subholding refining & petrochemical PT KPI, pada awal tahun ini telah menjalin kerja sama dengan PT Kimia Farma untuk membangun pabrik parasetamol dengan kapasitas 3.800 ton per tahun.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan bahwa KPI dan Kimia Farma bekerja sama dalam mengolah lebih lanjut produk petrokimia, yakni benzena dan propilena, dari Refinery Unit (RU) IV atau Kilang Cilacap, menjadi Para Amino Fenol (PAF) yang merupakan bahan baku parasetamol.

KPI dan Kimia Farma telah menandatangani Head of Agreement (HoA) untuk melanjutkan kajian skema kerja sama bisnis, berdasarkan hasil dari joint study yang telah dilaksanakan sebelumnya. “Kajian itu meliputi penyediaan bahan baku, yaitu benzena, rencana offtake produks, skema transaksi, dan komersial,” tutur Nicke.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...