Fit and Proper Test di DPR, Ini Visi Misi Jenderal TNI Andika Perkasa

Happy Fajrian
6 November 2021, 11:50
andika perkasa, panglima tni, fit and proper test
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjalani fit and proper test sebagai calon panglima TNI.

Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjabarkan visi dan misinya di depan anggota Komisi I DPR RI dalam rangka uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), Sabtu (6/11) di Gedung Parlemen, Jakarta.

Jenderal Andika memaparkan bahwa visinya jika dipercaya menjadi Panglima TNI yaitu "TNI Adalah Kita". Dengan visi tersebut ia menginginkan TNI menjadi bagian dari masyarakat di Indonesia maupun internasional.

“Berangkat dari vision statement, saya memilih visi ‘TNI Adalah Kita’. Memang sangat singkat, saya ingin masyarakat kita, masyarakat internasinoal melihat TNI sebagai ‘kita’, bagian dari mereka,” ujar Jenderal Andika dalam fit and proper test yang ditayakan langsung di kanal YouTube DPR RI.

Ia melanjutkan bahwa dengan visi ini ia tidak orang melihat TNI terlalu tinggi dengan berbagai kebatasan, kelebihan dan keanekaragamannya. Menurutnya TNI ingin lebih profesional dan lainnya, tapi itu dalam proses yang terus dibangun.

"Saya ingin masyarakat melihat TNI sebagai organisasi yang apa adanya, dengan segala perbaikan yang memang harus kami jalani. Tapi bukan berarti dengan keadaan ini kami tidak bisa berbuat apa-apa dalam mengejar apa yang harus kami selesaikan," ujarnya.

Sementara untuk misinya jika dipercaya menjadi Panglima TNI, Jenderal Andika menegaskan bahwa ia tidak akan keluar dari Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...