Omicron Telah Menyebar ke 38 Negara, WHO Duga Lebih Menular dari Delta

Happy Fajrian
6 Desember 2021, 08:32
who, omicron, varian omicron, varian delta, delta
ANTARA FOTO/REUTERS/Callaghan O'Hare/aww/cf
Ilustrasi.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa varian Covid-19 Omicron telah terdeteksi di 38 negara di dunia. Menurut data awal, varian ini diduga lebih menular dibandingkan varian Delta.

"Kami mendeteksi tingkat penularan yang meningkat dari varian Omicron. Kami memiliki laporan tentang Omicron di 38 negara di enam wilayah WHO,” kata Pimpinan Teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove seperti dikutip dari CNBC.com pada Senin (6/12).

Meski demikian dia menyampaikan bahwa WHO masih meneliti apakah varian ini lebih menular dibandingkan varian Delta seiring dengan peningkatan penyebarannya di dunia.

Direktur eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Dr. Mike Ryan mengatakan bahwa varian ini menular secara efisien. “Dan kami melihat penularan seperti itu pada Delta,” ujarnya.

Omicron memiliki sekitar 30 mutasi pada protein spike, yang merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengikat sel manusia. Menurut WHO beberapa dari mutasi ini terkait dengan penularan yang lebih tinggi dan kemampuan untuk lolos dari perlindungan kekebalan.

Studi yang diterbitkan oleh Pusat Pemodelan dan Analisis Epidemiologi Afrika Selatan dan Institut Nasional Penyakit Menular juga menemukan bahwa omicron memiliki kemampuan lebih tinggi untuk menginfeksi ulang orang yang sudah terkena Covid-19, dibandingkan dengan varian virus sebelumnya.

Van Kerkhove mengatakan masih terlalu dini untuk memahami tingkat keparahan penyakit yang disebabkan Omicron. Laporan awal gejala ringan dalam beberapa kasus pertama yang diidentifikasi terjadi pada sekelompok mahasiswa dan mengalami gejala yang lebih ringan daripada orang dewasa yang lebih tua.

“Pada laporan awal gejala itu cenderung lebih ringan, tapi ini terlalu cepat. Setiap orang yang terinfeksi virus corona apapun variannya akan selalu dimulai dengan penyakit ringan. Jadi mungkin itu akan berhenti di sana dengan penyakit ringan, beberapa orang tentu saja tanpa gejala atau butuh waktu,” ujarnya.

Van Kerkove mengatakan ada peningkatan rawat inap di Afrika Selatan, tetapi pejabat kesehatan masyarakat belum melihat peningkatan risiko kematian, tetapi mereka menunggu lebih banyak data.

Ryan mengatakan pejabat kesehatan masyarakat awalnya melihat kasus ringan pada varian Alfa dan Delta. Diperlukan waktu dua minggu untuk melihat peningkatan kematian yang terkait dengan Omicron jika varian tersebut, pada kenyataannya, menyebabkan penyakit yang lebih parah.

"Sayangnya butuh waktu. Kami juga melihat itu di gelombang pandemi ini sebelumnya. Ketika tingkat kejadian naik, dibutuhkan satu atau dua minggu untuk menyebabkan penerimaan di rumah sakit dan kematian," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...