Sri Mulyani, Nicke Widyawati Masuk Daftar Wanita Berpengaruh Dunia

Happy Fajrian
9 Desember 2021, 12:26
sri mulyani, nicke widyawati, forbes, wanita paling berpengaruh
smindrawati/instagram
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat melakukan pertemuan bilaterall dengan Menkeu Amerika Serikat. Keduanya masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia 2021 versi Forbes.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati kembali masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes.

Menkeu berada pada peringkat 66 di atas Ratu Elizabeth II yang berada di peringkat 70. Sedangkan Nicke berada di peringkat 27 di atas wanita hebat lainnya seperti Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di peringkat 34 dan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen.

Dalam laporannya Forbes menuliskan bahwa sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia berhasil meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

“Tahun lalu (Sri Mulyani) Indrawati meraih penghargaan bergengsi sebagai Menteri Terbaik di World Government Summit atas usahanya untuk melaksanakan reformasi. Sedangkan saat di Bank Dunia dia aktif mempromosikan kesetaraan gender,” tulis laporan Forbes, dikutip Kamis (9/12).

Forbes juga menuliskan bahwa pada saat menjabat sebagai Menteri Keuangan pada periode 2005-2010, Sri Mulyani membantu memandu transisi negara dari otokrasi menuju demokrasi.

Wanita hebat Indonesia lainnya yang berhasil masuk dalam daftar ini yaitu Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Forbes menulis bahwa Nicke adalah wanita kedua yang menjabat posisi teratas perusahaan minyak dan gas pelat merah Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...