Arcandra Tahar Prediksi Harga Batu Bara Tahun ini Masih Tinggi

Image title
12 Januari 2022, 13:37
harga batu bara, batu bara, arcandra tahar
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Foto udara aktivitas bongkar muat batu bara di kawasan pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Kamis (9/12/2021).

Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar memprediksi masa depan batu bara tahun ini masih cerah dan harganya tetap tinggi. Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan yang lebih tinggi dibandingkan masa pra-pandemi.

Dengan kondisi tersebut, ia memprediksi harga batu bara masih akan di atas US$ 70 per ton. Apalagi ditambah beberapa pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) baru milik Cina yang dalam beberapa tahun ke depan mulai beroperasi.

"PLTU-PLTU yang masuk pasar Cina sangat besar sekali terutama pada 2020 dan lima tahun yang akan datang," kata dia dalam PGN Energy and Economic Outlook 2022, Rabu (12/1).

Di samping itu, Cina dan India saat ini merupakan negara dengan tingkat konsumsi batu bara terbesar dunia. Adapun 65% permintaan batu bara dunia berasal dari kedua negara tersebut.Simak databoks berikut:

Artinya, kebutuhan Cina dan India untuk mendapatkan energi murah menurut dia adalah nyata. Karena itu, pada saat pertemuan COP26, kata phase out (meninggalkan) akhirnya diganti menjadi phase down (menurunkan).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...