Survei KIC: Kesadaran Pedagang Pasar untuk Tes Covid-19 Meningkat

Rizky Alika
26 Januari 2022, 10:48
tes covid-19, covid-19, kic, survei kic, katadata insight center
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pedagang menjaga toko sembako miliknya yang telah dipasang stiker sertifikat vaksin Covid-19 di Pasar Santa, Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Pengetesan dan pelacakan kontak erat kasus Covid-19 perlu terus dilakukan baik di sektor formal dan non-formal. Survei Katadata Insight Center (KIC) pun menunjukkan kesadaran tes Covid-19 pada pedagang pasar mengalami peningkatan.

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 47,6% responden akan melakukan tes dengan segera jika melakukan kontak dengan kasus positif corona. Kemudian, 38,9% responden mengatakan bakal konsultasi terlebih dahulu usai melakukan kontak dengan kasus positif, lalu akan tes Covid-19 jika disarankan.

Sementara, sebanyak 12,2% responden mengaku akan tes jika melakukan kontak dengan kasus positif dan memiliki gejala Covid-19. Meski begitu, masih ada 1,3% responden tidak akan melakukan tes. Ada sejumlah alasan pada responden yang tidak mau dites.

Sebanyak tujuh responden mengaku takut dengan biaya tes yang mahal. Kemudian, tiga responden mengatakan takut akan di-covid-kan. Sementara dua responden lainnya takut diperlakukan buruk atau dikucilkan jika hasil tes positif.

Dua responden lainnya menilai tes corona akan mengganggu pekerjaan sehingga mengurangi pendapatan. Selanjutnya, dua responden menyebutkan tidak percaya pada keberadaan Covid-19, sedangkan, satu responden khawatir akan terinfeksi di tempat pengetesan.

Selain itu, survei juga menunjukkan adanya peningkatan tindakan pencegahan corona. Pada survei tahap 1, sebanyak 95,9% responden mengaku memakai masker di tempat umum termasuk pasar. Jumlah kepatuhan ini meningkat pada survei tahap 2 menjadi 96,7%.

Kemudian pada survei tahap pertama, ada 57,3% responden yang menggunakan penyanitasi tangan untuk cuci tangan, sementara pada survei tahap 2 jumlahnya naik jadi 58,5% responden.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...