Jakarta Perang Lawan Covid, Luhut Buka Kans Berlakukan PPKM Level 3

Rizky Alika
24 Januari 2022, 14:44
ppkm, jakarta, luhut
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Suasana air mancur dan lampu di Area patung saat dipadamkan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (5/6/2021). Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day Pemprov DKI Jakarta memadamkan sejumlah lampu dan penggunaan listrik di sejumlah bangunan ikon Jakarta diantaranya kawasan Monas, Patung Kuda dan Bundaran HI.

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun membuka peluang pembatasan di Jakarta naik ke level 3.

Saat ini Jakarta maupun wilayah aglomerasi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih menerapkan PPKM level 2. Namun, penetapan PPKM level 2 tersebut bakal berakhir pada hari ini.

Advertisement

"Teater perang pandemi yang terjadi di DKI Jakarta menyebabkan asesmen situasi provinsi tersebut bisa mungkin berubah," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (24/1).


Pemerintah juga akan memberlakukan wilayah Jakarta sebagai satu kesatuan dengan aglomerasi Jabodetabek. Sedangkan rincian aturan terbaru akan tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri yang akan segera keluar.

Dalam kesempatan itu, Koordinator PPKM Jawa-Bali tersebut menegaskan pemerintah tidak berencana menerapkan pembatasan darurat maupun lockdown. Meski demikian, pemerintah daerah diminta tetap taat pada aturan asesmen yang diterbitkan.

Di sisi lain, pemerintah akan terus mendorong capaian vaksinasi Covid-19 dan dosis lanjutan (booster) kepada masyarakat. "Taati setiap kewajiban yang ditetapkan untuk mencegah dampak buruk di kemudian hari," ujar Luhut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement