Sudah Tersebar di 19 Provinsi, Pemerintah Waspadai Varian Omicron BA.2

Rizky Alika
15 Maret 2022, 20:28
varian omicron, omicron ba.2, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Warga melintas di depan tentang mural COVID-19 di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Pemerintah tengah mewaspadai penyebaran sub-varian Omicron BA.2. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan anak varian Omicron itu sudah tersebar di belasan provinsi di Indonesia.

"Saat ini terdeteksi di 19 provinsi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara daring, Selasa (15/3).

Berdasarkan data Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) pada 13 Maret 2022, jumlah sub-varian Omicron BA.2 sudah mencapai 8.302 sekuens di Tanah Air.

Ia pun memastikan, pencegahan penularan Covid-19 harus dilakukan pada setiap individu. Setiap orang wajib melindungi kesehatan diri sendiri dan orang lain dengan disiplin protokol kesehatan.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tidak melihat tanda kenaikan kasus Covid-19 meski sub-varian BA.2 sudah mendominasi di Indonesia. Kasus sudah menurun di berbagai daerah, kecuali di Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Timur. Ia juga berharap, lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi di Indonesia.

Pemerintah pun mengamati peningkatan kasus Covid-19 di Hongkong, Korea Selatan, dan Inggris. Ketiga negara ini juga mengalami lonjakan kasus corona karena sub-varian BA.2. Hongkong bahkan mengalami lonjakan kasus kematian pada pasien Covid-19.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...