Negosiasi Damai Rusia-Ukraina Buntu, Harga Minyak Naik 7% ke US$ 105

Muhamad Fajar Riyandanu
13 April 2022, 11:22
harga minyak, perang rusia ukraina, rusia, ukraina,
Katadata

Harga minyak dunia kembali naik di atas US$ 100 per barel setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan perang di Ukraina akan berlanjut karena negosiasi gencatan senjata yang menemui jalan buntu.

Pada Rabu (13/4), pagi, harga minyak mentah jenis Brent berada di level US$ 104.95 per barel. Sementara harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) US$ 101 per barel. Sebelumnya WTI naik hingga 7%,

"Pembicaraan damai dengan Ukraina buntu dan perang akan berlanjut ke bulan kedua," kata Putin seperti dikutip Bloomberg, Rabu (13/4).

Berlanjutnya apa yang disebut sebagai "operasi militer khusus" Rusia di Ukraina berpotensi menambah berat dan panjang sanksi terhadap Rusia. Ini akan membuat pasokan gas dan minyak semakin ketat yang akan mendongkrak harganya.

Di sisi lain kenaikan harga minyak juga didorong oleh proyeksi produksi minyak mentah Amerika Serikat (AS) yang lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya.

Gejolak perang di Eropa memicu gelombang sanksi ekonomi, dan juga energi Rusia yang mendongkrak harga minyak. Pedagang minyak dunia, Vitol Group, bermaksud untuk menghentikan perdagangan minyak mentah dan produk asal Rusia pada akhir tahun ini.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...