Cegah Macet Arus Balik Mudik, Satu Arah Diterapkan Mulai GT Palimanan

Happy Fajrian
5 Mei 2022, 10:15
mudik lebaran, mudik lebaran 2022, arus balik, one way, satu arah, tol cipali
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022).

Korlantas Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah mulai dari gerbang tol (GT) Palimanan Utama Kilometer (KM) 188 sampai dengan tol Jakarta-Cikampek KM 47 untuk mengantisipasi terjadinya macet pada arus balik mudik lebaran 2022.

Rekayasa lalu lintas satu arah ini akan berlaku mulai hari ini, Kamis (5/5), setelah data arus lalu lintas pada Rabu (4/5) dari pukul 06.00-18.00 WIB menunjukkan bahwa kendaraan yang melewati ruas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami tren peningkatan.

Advertisement

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan stakeholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR (volume capacity Ratio) sebesar 1,19,” tulis Korlantas Polri melalui keterangan tertulis, Kamis (5/5).

Di samping itu, berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang ada di NTMC dan command center Patroli Jalan Raya (PJR) Polri, terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalu lintas dari timur menuju ke arah barat

Sementara berdasarkan pantauan anggota di lapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan Korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Mendasari hal tersebut, maka demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, maka akan diberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah sebagai berikut:

  1. Satu arah akan diberlakukan pada hari Kamis, 5 Mei 2022 pukul 11.00-24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan Utama KM 188 sampai KM 72 Cikampek, dilanjutkan contra flow atau lawan arus sampai dengan tol Jakarta Cikampek KM 47.
  2. Kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi 1 lajur.
  3. Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa satu arah akan diakhiri lebih cepat dari jadwal, namun apabila kepadatan meningkat melebihi batas maksimal, maka satu arah akan ditingkatkan dari GT Palimanan utama KM 188 sampai tol Jakarta-Cikampek km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya.
  4. Mekanisme sebelum pelaksanaan satu arah akan dilaksanakan sterilisasi/pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaan pada pukul 09.00 WIB, setelah itu satu arah akan dimulai pukul 11.00 WIB.
  5. Mekanisme setelah pelaksanaan satu arah pukul 24.00 WIB akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan satu arah (pukul 02.00 WIB) setelah itu jalur akan dibuka secara normal.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement