H+5 Lebaran, 150 Ribu Pemudik Kembali Melalui Bandara Soekarno Hatta

Happy Fajrian
8 Mei 2022, 19:52
lebaran, arus balik, mudik lebaran, bandara soekarno hatta, penumpang pesawat
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Sejumlah penumpang pesawat berjalan sambil membawa barangnya setibanya di Terminal 2 Domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (7/5/2022).

Jumlah penumpang yang kembali melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta pada H+5 lebaran mencatatkan rekor tertinggi sejak pandemi Corona.

Menurut data Kementerian Perhubungan, pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Soekarno Hatta hari ini, Minggu (8/5), yang diprediksi menjadi puncak arus balik, mencapai 1.130 penerbangan dan 150 ribu penumpang.

“Ini belum pernah terjadi sejak pandemi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Minggu.

Menhub menjelaskan, dari total pergerakan pesawat dan penumpang, sekitar 40% melalui Terminal 2. “Sekitar 570 flight dan paling tidak ada sekitar 3.500 orang per jam di sini,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, Menhub meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, baik operator bandara, maskapai penerbangan, dan unsur terkait lainnya, mempersiapkan dengan baik pelayanan dan penanganan arus kedatangan dan keberangkatan agar berjalan dengan lancar.

“Saya meminta Dirjen Perhubungan Udara bersama Dirut AP II untuk mengawasi langsung kedatangan penumpang pada puncak arus balik sampai dengan malam ini,” katanya. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...