Bahas Tantangan Mutu IKN, PUPR Tekankan Masalah Banjir dan Drainase

Andi M. Arief
13 Juli 2022, 19:57
ibu kota nusantara, ikn, banjir, drainase, konstruksi ikn
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Pengunjung mengambil gambar petunjuk arah di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022).

Kementerian PUPR melakukan pertemuan dengan konsultan konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Japan International Cooperation Agency (JICA). Pertemuan tersebut membahas empat tantangan dalam menjaga jaminan mutu dalam pembangunan IKN.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekankan pentingnya mengatasi tantangan pertama yang ditemukan JICA, yakni pencegahan banjir. JICA mengemukakan land grading dan semua rencana infrastruktur harus merujuk ke rencana drainase untuk mencegah banjir.

“Kita akan bergantung betul dengan rencana drainase untuk mencegah banjir. Untuk itu berkali-kali saya tanya siapa yang akan bertanggung jawab dengan drainase IKN, karena ini sangat penting,” kata Basuki dalam keterangan resmi, Rabu (13/7).

JICA juga menekankan perlunya integrasi berdasarkan kondisi dasar. Dengan demikian, semua desain dan pembangunan harus berdasarkan kondisi topografi dan geologi saat ini.

Tantangan kedua yang dikemukakan JICA adalah kondisi infrastruktur bawah tanah, salah satunya pengamanan luasan ruang bebas/right-of-way (ROW). Adapun, ROW berfungsi untuk gorong-gorong dan struktur yang lebih besar, seperti pompa pengangkat saluran pembuangan.

Ketiga, persiapan ruang untuk menjamin aksesibilitas perluasan pada masa depan. Beberapa ruang yang dibutuhkan adalah lahan untuk layanan transportasi umum, yaitu halte dan utilitas jalan (lampu dan kamera pengawas). Jaminan mutu konstruksi menjadi tantangan terakhir yang ditemukan JICA.

Basuki berharap kehadiran JICA akan mempermudah pembangunan IKN dengan kualitas yang baik. Basuki menigmbau JICA untuk tidak segan dalam memberi saran dan evaluasi terkait pembangunan IKN Nusantara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...