Jokowi Beri Polri Agenda Prioritas: Amankan IKN, G20, dan Pemilu 2024

Ameidyo Daud Nasution
5 Juli 2022, 13:09
jokowi, polri, ikn, g20, pemilu
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022). Rapat kabinet paripurna tersebut membahas antisipasi krisis pangan dan energi.

Presiden Joko Widodo memberikan agenda yang harus dikawal Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam beberapa waktu ke depan. Terdapat tiga agenda besar pemerintah yang perlu dijaga kepolisian.

Agenda pertama adalah perpindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan perpindahan ini akan membangun motor baru kemajuan Indonesia sehingga perlu pengawalan.

"Polri harus mengawal agar berjalan lancar," kata Jokowi dalam Upacara Peringatan Ke-76 Hari Bhayangkara di Semarang, Selasa (5/7).

 Agenda kedua adalah rangkaian pertemuan G20 tahun ini. Polri perlu mengamankan agenda puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada November 2022 nanti di Bali. "Karena akan dihadiri para kepala negara," kata Presiden.

Agenda ketiga adalah rangkaian Pemilihan Umum 2024. Jokowi memerintahkan agar Korps Bhayangkara menjaga pesta demokrasi terbesar RI ini berjalan dengan aman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...