Teken Perjanjian Ekspor Pangan, Pejabat Rusia-Ukraina Tolak Tatap Muka

Happy Fajrian
23 Juli 2022, 12:26
rusia ukraina, pangan, ekspor, gandum, biji bijian, pbb, turki
United Nations/PBB
Sekjen PBB Antonio Guterres dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung perjanjian antara Rusia dan Ukraina untuk menjamin agar ekspor pangan yang melalui Laut Hitam dapat dilanjutkan.

Rusia dan Ukraina pada Jumat (22/7) menandatangani kesepakatan yang akan mengizinkan ekspor pangan berupa biji-bijian dan gandum dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina. Kesepakatan ini didukung oleh PBB dan Turki seiring masih tingginya tensi antara kedua negara yang tengah berperang itu.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa perjanjian ini akan membantu meringankan krisis pangan global. Pasalnya, negara-negara tetangga Rusia dan Ukraina termasuk di antara pengekspor pangan terbesar di dunia.

Namun invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan blokade de-facto Laut Hitam yang menyebabkan ekspor Ukraina turun menjadi hanya seperenam dari level sebelum perang.

Mengutip laporan Al Jazeera, kesepakatan ditandatangani Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov secara terpisah untuk menghindari duduk di meja yang sama serta menghindari berjabat tangan.

Upacara penandatanganan dilakukan di Istana Dolmabahce Istanbul, di hadapan Erdogan dan Guterres. Perjanjian ini berlaku selama 120 hari dan dapat diperpanjang secara otomatis tanpa negosiasi lebih lanjut.

“ Hari ini ada suar harapan di Laut Hitam, dan kemungkinan kelegaan yang telah dinantikan dunia lebih dari sebelumnya,” kata Guterres, seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (23/7).

“Dengan kesepakatan ini, berarti gandum senilai sekitar US$ 10 miliar akan tersedia untuk dijual dari sekitar 20 juta ton panen tahun lalu yang sekarang dapat diekspor,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Berdasarkan perjanjian tersebut, koalisi Turki, Ukraina dan PBB akan memantau pemuatan gandum ke kapal di pelabuhan Ukraina sebelum menavigasi rute yang telah direncanakan sebelumnya melalui Laut Hitam, yang dijaga secara ketat oleh pasukan Ukraina dan Rusia dengan ranjau.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...