Sandi Uno ke Pemerintah Australia: Wabah Terkendali, Wisata di RI Aman

Andi M. Arief
2 Agustus 2022, 07:02
wisata, sandiaga uno, wabah, wabah pmk, covid-19, cacar monyet, kemenparekraf,
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno telah menyampaikan kepada pemerintah Australia bahwa Indonesia serius menangani wabah sehingga tidak perlu khawatir berwisata ke Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menegaskan bahwa pemerintah serius dalam menangani berbagai wabah yang berkembang saat ini, mulai dari penyakit mulut dan kuku atau PMK, cacar monyet, hingga Covid-19.

Pernyataan tersebut pun sudah disampaikan kepada pemerintah negara penyumbang wisatawan mancanegara terbesar Indonesia, yakni Australia.

"Kita harus sampaikan ke dunia luar bahwa Indonesia sangat serius menangani ancaman-ancaman wabah dan varian-varian baru, baik penyakit Covid-19 maupun penyakit lainnya. Tidak usah khawatir berkunjung ke Indonesia, semua terkendali, aman, dan nyaman untuk berwisata," kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Senin (1/8).

Untuk cacar monyet, Sandiaga menambahkan bahwa saat ini kewaspadaan di perbatasan ditingkatkan untuk menjaga masuknya wabah yang telah dideteksi di Singapura ini.

Sandi juga menambahkan pemerintah sedang berkeliling terkait vaksinasi booster bagi tenaga kerja pariwisata. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, total dosis booster yang telah disuntikkan mencapai 56,1 juta dosis.

Belum lama ini, Selandia Baru dan Australia memperketat pembatasan biosekuriti untuk mencegah masuknya virus penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Indonesia.

Saat ini, tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia menuju Selandia Baru. Meski demikian, PMK dinilai dapat masuk ke Selandia Baru dari wisatawan Australia yang telah berwisata ke Asia Tenggara.

"Kami ingin memastikan bahwa kami telah menempatkan semua pengaturan yang dapat melindungi kami dari bahaya PMK," kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern seperti dikutip dari Barrons pada Rabu (27/7).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...