Pesawat Ethiopian Airlines Gagal Mendarat karena Pilot Ketiduran

Happy Fajrian
24 Agustus 2022, 09:16
pesawat, ethiopian airlines, gagal mendarat, penerbangan
ETHIOPIAN AIRLINES
Ilustrasi pesawat Ethiopian Airlines.

Pesawat Ethiopian Airlines dengan rute penerbangan dari Khartoum, Sudan, menuju Addis Ababa, Ethiopia, dilaporkan melewatkan pendaratannya lantaran pilot dan co-pilotnya tertidur.

Menurut laporan Aviation Herald yang dikutip CNN, insiden ini terjadi pada 15 Agustus 2022 ketika pilot tertidur dan pesawat terus melewati puncak penurunan. Pesawat terbang di ketinggian 37.000 kaki (11,3 kilometer) dengan autopilot ketika gagal turun di Bandara Internasional Addis Ababa Bole.

Air traffic control bandara dilaporkan tidak dapat mengontak awak pesawat dalam beberapa upaya percobaan kontak. Namun alarm berbunyi ketika pesawat melewati landasan pacu dan melanjutkan rute. Setelah itu pesawat mulai turun dan mendarat dengan selamat sekitar 25 menit kemudian.

Data Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) menunjukkan pesawat terbang di atas landasan pacu, sebelum mulai turun dan bermanuver untuk pendekatan lain.

“Kami telah menerima laporan yang menunjukkan nomor penerbangan Ethiopia ET343 dalam perjalanan dari Khartoum ke Addis Ababa untuk sementara kehilangan komunikasi dengan Addis Ababa Air Traffic Control pada 15 Agustus 2022,” tulis pernyataan Ethiopian Airlines, Jumat (19/8).

“Penerbangan kemudian mendarat dengan selamat setelah komunikasi pulih. Awak yang bersangkutan telah dipindahkan dari operasi sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut. Tindakan korektif yang tepat akan diambil berdasarkan hasil investigasi. Keselamatan selalu dan akan terus menjadi prioritas utama kami,” kata pernyataan itu.

Pilot Diduga Kelelahan

Analis penerbangan Alex Macheras melalui akun Twitter-nya menyatakan keterkejutannya atas insiden yang sangat memprihatinkan ini, yang menurutnya mungkin dipico oleh kelelahan pilot.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...