Pergeseran Tanah di Lokasi PLTA Bungbulang Garut Dipicu Gempa Cianjur?

Jarak PLTA Cirompang di Bungbulang, Garut sekitar 96 km dari pusat gempa Cianjur. Mungkinkah gempa ini jadi pemicu pergeseran tanah yang menyebabkan pipa PLTA jebol?
Muhamad Fajar Riyandanu
30 November 2022, 20:49
gempa cianjur, plta, garut
PLN
Ilustrasi PLTA.

Pipa air pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Cirompang di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, jebol pada Senin (28/11) sekira pukul 14.00. Peristiwa jebolnya pipa air itu diduga akibat adanya pergerakan tanah.

Kejadian ini hanya berjarak sepekan dari musibah gempa Cianjur. Menurut pantauan citra satelit, jarak antara pusat gempa Cianjur dengan PLTA Cirompang sekitar 96 km. Sehingga, ada kemungkinan pergeseran tanah ini dipicu oleh gempa Cianjur yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan faktor pergeseran tanah bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya kondisi miring lahan dan kawasan yang berada di area tebing. "Bisa jadi memang daerah rawan longsor, pemicunya bisa hujan deras," ujarnya kepada Katadata.co.id, Rabu (30/11).

Kendati demikian, ia tak ingin berspekulasi perihal adanya hubungan antara musibah gempa bumi magnitudo 5,6 yang melanda Kabupaten Cianjur dengan peristiwa pergeseran tanah di sekitar area PLTA Cirompang, Kabupaten Garut. "Untuk melihat apa ada kaitan dengan gempa bumi harus dikaji dulu," ujar Daryono.

Melalui sebuah video berdurasi 30 detik yang dibagikan warganet di media sosial Twitter, imbas kebocoran pipa tampak air keluar menjulang tinggi diperkirakan mencapai 10 meter di tengah-tengah area persawahan warga.

Adapun PLTM Cirompang berkapasitas 8 Mega Watt (MW) ini dikelola PT Tirta Gemah Ripah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat yang berlokasi di Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Air yang jatuh itu kemudian merusak power house milik PT GTR yang ukurannya diperkirakan 14x30 meter.

Menanggapi hal ini, Senior Manager Komunikasi dan Umum PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Gunawan memastikan pelayanan pelanggan tidak terganggu paska kejadian alam yang mengakibatkan kerusakan pipa di PLTM Cirompang 2 X 4 megawatt (MW) milik PT TGR yang berlokasi di Garut, Jawa Barat.

"Dipastikan sistem kelistrikan PLN aman dan tidak mengganggu pelayanan PLN kepada pelanggan," katanya, kepada Katadata.co.id, Selasa malam (29/11).

Tim PLN, kata dia, turut bergerak cepat di lokasi untuk melakukan pengecekan. PLN berkordinasi intens dengan tim ESDM Provinsi Jawa Barat juga dengan pihak pengelola. "Kejadian ini tidak berdampak pada sistem PLN, sehingga dipastikan pelayanan kelistrikan berlangsung aman," imbuhnya.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait