OPEC Kerek Prospek Permintaan Cina, Harga Minyak Bangkit Lebih dari 1%

Happy Fajrian
15 Maret 2023, 16:44
harga minyak, opec, cina,
Dok. Chevron
Ilustrasi pengeboran minyak.

Harga minyak bangkit lebih dari 1% pada Rabu (15/3), setelah merosot lebih dari 4% tertekan sentimen gagalnya tiga bank besar di Amerika Serikat (AS), salah satunya Silicon Valley Bank (SVB). Bangkitnya harga didorong langkah OPEC merevisi ke atas propek permintaan energi Cina.

Minyak mentah Brent naik US$ 1,04 atau 1,3% menjadi US$ 78,49 per barel. Sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 98 sen atau 1,4% menjadi US$ 72,31 per barel. Pada Selasa (14/3), harga kedua minyak acuan global tersebut merosot lebih dari 4% ke level terendahnya dalam tiga bulan.

Advertisement

“Pasar minyak telah bangkit kembali dengan sendirinya setelah penurunan tajam baru-baru ini,” kata analis di Fujitomi Securities Co Ltd, Toshitaka Tazawa, seperti dikutip Reuters. Ia, menambahkan beberapa investor telah menggunakan penurunan tersebut untuk berburu barang murah.

“Peningkatan OPEC dalam prospek permintaan minyak Cina juga memberikan dukungan, meskipun investor masih khawatir atas krisis keuangan yang mengalir setelah keruntuhan bank-bank AS baru-baru ini,” katanya sembari menambahkan bahwa pasar mengantisipasi apakah WTI bisa bertahan di atas US$ 70 per barel.

OPEC menaikkan perkiraannya untuk pertumbuhan permintaan minyak Cina tahun ini karena pelonggaran pembatasan Covid-19 di negara tersebut. Meskipun hal itu membuat total permintaan global tetap stabil, mengutip potensi risiko penurunan pertumbuhan dunia.

Kilang Cina memproses 3,3% lebih banyak minyak mentah dalam dua bulan pertama 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini didorong oleh kebijakan ekspor bahan bakar dan pemrosesan kilang independen karena pencabutan pembatasan Covid-19 yang menyebabkan peningkatan margin untuk bahan bakar transportasi .

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement