Angka Kecelakaan Tinggi, Polri Siapkan Pengawalan Untuk Pemudik Motor

Happy Fajrian
11 April 2023, 06:13
mudik, kecelakaan, mudik lebaran, polri
AP Photo/Achmad Ibrahim
Keluarga melakukan mudik dengan naik motor.

Korlantas Polri menyiapkan pengawalan pemudik sepeda motor yang nekat melakukan mudik Lebaran 2023 untuk memastikan mereka agar selamat sampai tujuan. Hal ini seiring dengan kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang didominasi oleh sepeda motor.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Pol. Ery Nursatari mengatakan pemudik sepeda motor masih menjadi permasalahan dan perhatian pihaknya dan jajaran pemangku kepentingan terkait lain karena 70% kecelakaan lalu lintas di jalan raya adalah sepeda motor.

“Kami berharap mudik pada 2023 betul-betul kami antisipasi. Kami sudah menyiapkan pengawalan-pengawalan. Karena angka fatalitas kecelakaan yang sering terjadi memang disebabkan roda dua,” katanya,” kata Ery dalam dalam Diskusi FMB9 dengan tema 'Mudik Aman Berkesan' dikutip Selasa (11/4).

Namun berkaca pada pengalaman yang ada, paparnya, saat dilarang masih ada masyarakat yang nekat mudik menggunakan moda transportasi roda dua dengan alasan digunakan untuk mobilisasi selama di kampung halaman.

Menurut dia, upaya yang dilakukan untuk mencegah pemudik sepeda motor adalah mengadakan program mudik gratis, tidak hanya si pemudik tapi sepeda motornya difasilitasi untuk dikirim ke kampung halaman. Seperti tahun-tahun sebelumnya disediakan kereta khusus mengangkut sepeda motor pemudik.

“Ini upaya-upaya kami supaya pemudik sadar. Kami selalu mengingatkan dan memberikan penyuluhan masif pemudik yang akan menggunakan roda dua. Justru kami larang karena memang ini sangat berbahaya sekali,” paparnya.

Tapi apabila telah dilarang dan diimbau masih ada masyarakat yang nekat mudik dengan sepeda motor, Ery menyebut Polri menyiapkan pengawalan di titik-titik yang menjadi arus utama pemudik sepeda motor seperti jalur selatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...