Pertamina Kembali Kelola Blok East Natuna, Investasi Rp 187 Miliar

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Mei 2023, 15:53
pertamina, blok east natuna, wk migas, lelang wk migas
Katadata
Pertamina Hulu Energy menang lelang WK migas East Natuna dengan total investasi US$ 12,5 juta atau sekitar Rp 187 miliar.

Kementerian ESDM menetapkan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menjadi pemenang lelang wilayah kerja (WK) Migas East Natuna, Kepulauan Riau, dengan total investasi sebesar US$ 12,5 juta atau sekira Rp 187,3 miliar.

Setelah ditetapkan sebagai pengelola WK East Natuna, Pertamina terikat komitmen untuk melaksanakan studi G&G, akuisisi data seismik 3D 430 km persegi dan pengeboran satu sumur eksplorasi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa Pertamina terikat kontrak bagi hasil WK eksplorasi selama 30 tahun dalam pengelolaan dan monetisasi WK East Natuna.

“Seluruh KKKS telah menyelesaikan kewajiban finansialnya yaitu pembayaran bonus tanda tangan dan menyerahkan jaminan pelaksanaan sebelum penandatanganan kontrak kerja sama,” ujarnya dalam penandatangan kontrak kerja sama WK Sangkar, Peri Mahakam dan East Natuna pada Selasa (30/5).

WK East Natuna merupakan nama baru dari WK Arwana-Barakuda yang sebelumnya menjadi salah satu dari tiga WK yang berada di lingkup Blok East Natuna. Blok East Natuna sebelumnya dibagi menjadi tiga WK, di antaranya WK Arwana-Barakuda, WK Paus dan WK D-Alpha sebagai lapangan migas yang paling besar.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...