Bukan Bakar Uang, Begini Strategi DANA Capai 170 Juta Pengguna

DANA akan meningkatkan kerja sama di berbagai sektor dan mengandalkan program loyalti demi meningkatkan jumlah pengguna aplikasinya.
Image title
7 Februari 2020, 09:23
fintech, dompet digital, dana, bakar uang
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Dompet digital DANA akan tingkatkan kerja sama berbagai sektor untuk tingkatkan jumlah pengguna aplikasinya, tidak lagi 'bakar uang'.

Tahun ini fintech  dompet digital milik PT Espay Debit Indonesia Koe, DANA, tidak lagi menggencarkan strategi promosi atau 'bakar uang' untuk meningkatkan engagement dan menambah jumlah pengguna.

Chief Innovation Officer DANA, Darrick Rochili menjelaskan bahwa sejak awal tahun ini DANA sudah gencar menjalin kerja sama dengan berbagai sektor mulai dari makanan hingga platform donasi. Dari kerja sama tersebut DANA menargetkan penggunanya (usecase) terus meningkat.

"Kalau bisa (pengguna) seluruh masyarakat Indonesia. Tapi mulainya yang punya smartphone dulu. Pengguna smartphone kan ada 170 juta kita ingin semakin mendekati ke angka itu," ujar Darrick di Jakarta pada Kamis (6/2). Adapun saat ini sudah ada 35 juta pengguna DANA.

Strategi utama yang kini dilakukan DANA bukan lagi promosi seperti diskon hingga uang kembali (cashback), tapi menggaet lebih banyak kerja sama. Dia menyatakan pihaknya terbuka dengan semua sektor untuk memperluas cakupan pengguna. 

Advertisement

(Baca: DANA dan OVO Bakal Kurangi Strategi ‘Bakar Uang’ Tahun Depan)

"Seluas mungkin jalin kerja sama. Karena ini dompet kan, jadi bisa dipakai di mana saja. Yang sehari-hari dipakai belanja bahan makanan, pulsa, listrik. Kemarin dengan perusahaan transportasi masuk (kerja sama)," kata Darrick.

Terbaru, dana bekerja sama dengan aplikasi layanan belanja kebutuhan sehari-hari Happy Fresh. Sebelumnya, Dana juga bekerja sama dengan perusahaan makanan cepat saji Burger King, platform donasi Kitabisa, sampai situs kecantikan Derima.co.

Di sektor e-commerce DANA bekerja sama dengan Lazada dan Bukalapak, dan di transportasi, DANA menggaet Blue Bird. "Ini untuk membuat orang pakai dompet dimana pun. Konsepnya kita itu dompet secara digital. Di mana orang mau bayar pasti dipakai," ujar Darrick.

Sebelumnya, Chief Financial Officer (CFO) DANA, J. Yattha Saputra menyampaikan, DANA kini mulai mengandalkan program loyalti. "Jadi (promosi) pelan-pelan kami kurangi, lebih pakai loyalti,” kata Yattha kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

(Baca: Dompet Digital DANA Targetkan Transaksi Tumbuh Dua Kali Lipat)

DANA menggandeng mitra penjual seperti restoran, untuk memberikan program loyalti berupa poin kepada konsumen. Program tersebut terdapat di fitur pocket di aplikasi DANA, bagian kartu loyalti. Nantinya, mitra akan membayar atas voucher program loyalti yang digunakan melalui dompet digital DANA.  

Menurut Yattha, strategi tersebut lebih menguntungkan bagi mitra dan konsumen. “Merchant itu biasanya punya dana pemasaran sendiri. Begitu merchant bayar kan dia sudah dapat dari transaksi-transaksi sebelumnya,” kata dia.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait