Sinar Mas Gandeng Kaesang Bikin Pelatihan IT Bagi Lulusan SMK

Lulusan dari pelatihan ini akan dapat bekerja pada salah satu perusahaan energi dan infrastruktur Sinar Mas, Berau Coal Energy.
Image title
4 Februari 2020, 08:33
sinar mas, kaesang pangarep, enigma it bootcamp
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasi pelatihan teknologi informasi. Sinar Mas bekerja sama dengan Enigma besutan Kaesang Pangarep memberikan pelatihan coding bagi lulusan SMA dan SMK.

Sinar Mas menggaet lembaga pelatihan Enigma IT Bootcamp (Enigma) untuk memberikan pelatihan coding bagi lulusan SMA dan SMK. Enigma merupakan lembaga pelatihan besutan anak Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep.

Direktur Eksekutif Eka Tjipta Foundation (ETF) Ardy Candra mengatakan Sinar Mas menggelar program pelatihan dengan Kaesang karena tenaga programmer yang menguasai coding sangat dibutuhkan bagi bisnis Sinar Mas.

"Pelatihan yang kami inisiasi bertujuan menjaring, kemudian mendidik dengan kurikulum dan praktik yang sesuai kebutuhan tempat mereka nanti bekerja. Pelatihan ini sekaligus memberikan jaminan kerja bagi para programmer," ujar dia dalam siaran persnya pada Senin (3/2).

Pelatihan itu juga menggaet mitra perusahaan yang ada di bawah payung Sinar Mas Energy & Infrastructure yaitu PT Berau Coal Energy. Kebutuhan tenaga programmer di perusahaan itu akan disediakan dari lulusan pelatihan.

Advertisement

(Baca: Serapan Pekerja Dari Pelatihan Vokasi Kian Meningkat)

"Para lulusannya mendapat kesempatan bekerja di perusahaan kami," ungkap Chief Organisation and Development Officer Sinar Mas Energy & Infrastructure Mochtar Suhadi pada Senin (3/2).

Pelatihan akan digelar selama dua bulan. Pada gelombang pertama, pelatihan digelar untuk 20 lulusan SMA atau SMK. Mereka merupakan peserta terpilih dari seleksi yang dilakukan terhadap 1.542 orang.

Pelatihan yang diberikan yaitu kombinasi perkelasan dan praktik. Peserta pelatihan juga mendapatkan kesempatan menggarap proyek penugasan dari Sinar Mas dan Enigma.

Pelatihan itu diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam revitalisasi pendidikan kejuruan atau vokasi di Indonesia. Sinar Mas menilai Enigma merupakan partner yang cocok dalam mendukung penyediaan tenaga programmer.

Enigma berdiri sejak 2017. Kaesang mengatakan, model pendidikan yang Enigma kembangkan terfokus pada pemenuhan sumber daya di bidang IT dengan segera. "Pelatihan ini sejalan dengan apa yang menjadi kebutuhan mitra kami, Sinar Mas,” ujar Founder Enigma Kaesang Pangarep.

(Baca: Sinar Mas & East Ventures Investasi Rp 110 M di Startup Katering Lokal)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait