Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Mengamati Gerhana Matahari Hari ini

Aplikasi ini dapat membantu masyarakat memberikan informasi seputar gerhana matahari sekaligus menonton secara streaming.
Image title
26 Desember 2019, 08:37
gerhana matahari cincin, aplikasi
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Agussani (kiri) bersama Kepala OIF UMSU Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar, memperlihatkan sejumlah teleskop yang akan digunakan untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Observatorium Ilmu Falak UMSU, Medan, Sumatera Utara, Senin (23/12/2019).

Sebagian wilayah di dunia hari ini, Kamis (26/12) akan mengalami fenomena alam yang cukup langka yakni gerhana matahari cincin (GMC) hari ini, Kamis (26/12).

Fenomena dapat dinikmati oleh sejumlah wilayah di dunia seperti Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Oman, India selatan, Sri Lanka utara, Samudra Hindia, Malaysia, Singapura, Filipina, hingga Indonesia.

Namun tidak seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati fenomena GMC hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hanya tujuh provinsi di Indonesia yang bisa menikmati fenomena GMC, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

"Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), masyarakat hanya bisa menikmati fenomena itu secara sebagian atau gerhana matahari parsial yang bisa diamati mulai pukul 10.43 WIB," sebut BMKG dikutip dari laman resminya www.bmkg.go.id.

(Baca: Gerhana Bulan 152 Tahun Sekali)

Lembaga antariksa Amerika Serikat (AS), The National Aeronautics and Space Administration (NASA) bakal menyiarkan fenomena ini secara streaming melalui YouTube. Selain NASA, beberapa aplikasi juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menonton gerhana sekaligus mendapatkan informasi seputar fenomena alam ini.

1. Annular Solar Eclipse

Aplikasi yang dikembangkan Alok Mandavgane ini menyediakan informasi seputar gerhana. Annular Solar Eclipse akan menunjukkan kepada penggunanya terkait keadaan gerhana pada lokasi yang dipilih pengguna. Aplikasi itu juga memiliki berbagai artikel tentang gerhana.

Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.alokm.solareclipse

2. Solar Eclipse by Redshift

Solar Eclipse by Redshift menyediakan fitur simulasi gerhana matahari yang terjadi mulai sejak 1990 sampai 2100. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini yaitu simulasi gerhana interaktif dimana pengguna bisa melihat pemandangan gerhana dari lokasi terkini, pemandangan dari lokasi terbaik, pemandangan dari orbit di sekitar bumi, dan pemandangan dari matahari.

Ada juga peta gerhana matahari secara fisik dan skematis termasuk simulasi gerhana matahari. Aplikasi ini dapat diunduh pengguna ponsel Android maupun Apple seharga Rp 47.000.

Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.usm.rssolareclipse
Apple iOS: https://apps.apple.com/us/app/solar-eclipse-by-redshift/id1247846126

3. NASA

NASA meluncurkan aplikasinya sejak 2011. Pengguna dapat mendapatkan informasi terkait aktifitas antariksa NASA termasuk juga informasi gerhana.

NASA juga menyiarkan gerhana secara langsung dan dapat dinikmati di ponsel pengguna. Sebelum gerhana matahari dimulai biasanya NASA melaporkan langsung dengan mencakup pandangan gerhana dari pesawat penelitian, satelit, dan teleskop yang dimodifikasi khusus.

Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=gov.nasa
Apple iOS: https://apps.apple.com/us/app/nasa/id334325516

4. Eclipse Soundscape

Aplikasi ini dirilis untuk membantu penyandang tuna netra untuk mengamati gerhana matahari dengan bantuan suara. Eclipse Soundscape merupakan hasil dari kolaborasi Smithsonian Astrophysical Observatory, NASA's Heliophysics Education Consortium, The National Center for Accessible Media, dan the National Park Service.

Salah satu fitur dalam aplikasi ini yaitu "peta gemuruh" yang interaktif. Teknologi tersebut bisa menerjemahkan gambar fitur gerhana utama ke dalam serangkaian nada modulasi frekuensi unik yang memetakan variasi dalam terang dan gelap saat pengguna menjelajahi gambar dengan ujung jari mereka.

Nada-nada dirancang khusus untuk membuat perangkat seluler pengguna bergetar, atau bergemuruh, sebagai respons terhadap perubahan. Aplikasi ini dapat diunduh pengguna ponsel Android dan Apple.

Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.eclipsesoundscapes
Apple iOS: https://apps.apple.com/jp/app/eclipse-soundscapes/id1262152991?l=en

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait