Apple Berencana Luncurkan iPhone SE dan iPad 5G Terbaru pada Maret

Selain meluncurkan iPhone SE dan iPad Air versi terbaru berteknologi 5G, Apple juga berencana meluncurkan iOS versi 15.4 pada Maret 2022.
Image title
6 Februari 2022, 11:36
apple, iphone, 5g
Apple
iPhone Apple.

Apple Inc. disebut bakal meluncurkan seri iPhone SE dan iPad versi terbaru yang berteknologi 5G pada Maret 2022. Peluncuran ini bakal menjadi acara besar pertama perusahaan teknologi besutan Steve Jobs ini sejak meluncurkan MacBook Pro baru pada Oktober 2021.

“Apple bersiap untuk acara peluncuran produk pertamanya di tahun 2022. Versi terbaru dari iPhone SE dan iPad Air sedang dalam pengerjaan. Apple berpotensi memecahkan rekor untuk peluncuran produk,” kata sumber yang mengetahui masalah ini, dikutip dari Bloomberg, Minggu (7/2).

Meski demikian sumber tersebut mengatakan bahwa peluncuran produk baru ini kemungkinan dilakukan secara daring (online) seperti peluncuran produk oleh perusahaan lainnya.

Mengingat waktu yang direncanakan masih lebih dari sebulan lagi, rencana tersebut kemungkinan masih dapat berubah karena proses produksi yang masih tersendat atau karena perubahan lainnya. Juru bicara Apple menolak berkomentar terkait acara peluncuran produk terbaru iPhone dan iPad Air.

Advertisement

Adapun ponsel baru ini akan menjadi pembaruan pertama untuk model iPhone SE dalam dua tahun. Apple akan menambahkan kemampuan jaringan 5G, kualitas kamera yang ditingkatkan, dan prosesor yang lebih cepat. Namun desainnya sendiri diperkirakan akan mirip dengan versi saat ini, yang diluncurkan pada April 2020.

Sementara itu iPad terbaru akan menjadi pembaruan untuk model Air yang menyematkan prosesor yang lebih cepat dan teknologi 5G. Apple juga disebut tengah merencanakan Mac baru dengan chip yang dirancang Apple, yang kemungkinan juga bakal diluncurkan pada awal Maret.

Selain mengumumkan perangkat baru, Apple disebut juga berencana untuk merilis iOS 15.4 pada paruh pertama Maret. Pembaruan perangkat lunak akan menambahkan dukungan identifikasi wajah untuk orang yang memakai masker ke iPhone dan iPad.

iOS versi terbaru ini juga memiliki emoji baru dan Kontrol Universal, yang memungkinkan pelanggan menggunakan satu keyboard dan trackpad di beberapa iPad dan Mac.

Setelah acara Maret, Apple kemungkinan akan mengadakan Worldwide Developers Conference tahunan pada bulan Juni untuk mengumumkan pembaruan perangkat lunak untuk iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch. Kemudian diprediksi meluncurkan iPhone 14 dan Mac baru pada musim gugur tahun ini.

Jajaran produk 2022 kemungkinan akan mencakup desktop iMac dan Mac Pro baru, MacBook Air yang didesain ulang, MacBook Pro kelas bawah yang diperbarui, tiga Apple Watch, empat model iPhone 14, dan AirPods baru.

Apple juga juga merencanakan layanan baru, seperti fitur yang memungkinkan iPhone menerima pembayaran dengan mengetuk kartu kredit.

Apple juga dilaporkan sedang mengerjakan high end mixed reality headset yang kemungkinan akan dirilis pada 2023. Bloomberg melaporkan Apple telah berencana mengumumkan perangkat tersebut pada awal tahun 2022, tetapi terkendala tantangan pengembangannya.

Laporan firma riset Canalys menunjukkan, Apple berkontribusi terhadap 22% dari total pengiriman smartphone global pada kuartal IV 2021. Hal ini terjadi berkat permintaan yang kuat terhadap iPhone 13.

Meski berhasil menempati posisi teratas, tetapi pengiriman smartphone Apple tersebut hanya naik 1% dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Pada kuartal IV 2020, pangsa pasar Apple sebesar 23%.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait