Diramal Kehilangan 2 Juta Pelanggan, Netflix PHK Ratusan Karyawan

Netflix diprediksi kehilangan 2 juta pelanggan tahun ini. PHK dilakukan sebagai upaya efisiensi.
Fahmi Ahmad Burhan
27 Juni 2022, 09:40
Netflix, phk karyawan,
Netflix
Netflix PHK ratusan karyawan untuk efisiensi setelah diprediksi kehilangan 2 juta pelanggan tahun ini.

Platform video on-demand (VoD) Netflix telah memberhentikan ratusan karyawannya untuk efisiensi. Kebijakan ini dilakukan Netflix di tengah kondisi sulit ketika Netflix diramal akan kehilangan dua juta pelanggan tahun ini.

Netflix telah memberhentikan 300 karyawan pada pekan lalu. PHK ini berdampak pada sekitar 3% tenaga kerja di Netflix. PHK ini sebagian besar terjadi di Amerika Serikat (AS).

"Kami sangat berterima kasih atas semua yang telah pekerja lakukan untuk Netflix dan bekerja keras untuk mendukung mereka melalui transisi yang sulit ini," kata juru bicara Netflix seperti dikutip dari CNN Internasional pada Senin (27/6).

Netflix juga telah memberhentikan 150 pekerja pada bulan lalu. Kebijakan PHK dilakukan Netflix untuk efisiensi. "Kami membuat penyesuaian ini sehingga biaya kami tumbuh sejalan dengan pertumbuhan pendapatan kami yang lebih lambat," kata juru bicara Netflix.

Advertisement

PHK juga dilakukan Netflix seiring dengan turunnya jumlah pelanggan. Netflix melaporkan telah kehilangan 200 ribu pelanggan pada kuartal pertama tahun ini. Simak databoks berikut:

Penurunan jumlah pelanggan tersebut merupakan yang pertama kali terjadi dalam 10 tahun terakhir. Netflix pun diprediksi kehilangan dua juta pelanggan selama kuartal musim semi tahun ini.

Laporan ini membuat investor menghapus miliaran dolar dari kapitalisasi pasar Netflix. Saham perusahaan juga anjlok sekitar 70% tahun ini.

Netflix mengatakan, salah satu alasan penurunan 200 ribu pelanggan karena persaingan ketat dengan VoD lainnya. "Sekarang tampaknya persaingan membuat lebih sulit bagi Netflix untuk berkembang," kata CEO Netflix Reed Hastings dikutip dari Reuters, pada April (20/4).

Untuk mengatasi kondisi itu, Netflix pun gencar melakukan inovasi. Netflix misalnya akan akan memasukan iklan ke dalam kontennya dan menawarkan harga berlangganan yang lebih murah pada akhir tahun ini.

Eksekutif Netflix telah mengumumkan kepada karyawan bahwa Netflix akan memperkenalkan paket berlangganan murah dengan iklan ini dalam tiga bulan terakhir 2022. "Netflix telah memberi tahu karyawan bahwa iklan mungkin datang pada akhir 2022," demikian dikutip dari Business Insider pada Kamis (12/5).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait