Jelang Putusan MK, Saham Erick Thohir Naik & Milik Sandiaga Turun

Sentimen dari sidang putusan sengketa hasil pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi akan mempengaruhi pergerakan saham Mahaka dan Saratoga hingga pekan depan.
Image title
27 Juni 2019, 19:56
saham saratoga, mahaka, sidang putusan sengketa pilpres 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia. Saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk yang terafiliasi dengan cawapres 02 Sandiaga Uno, dan saham PT Mahaka Media Tbk yang terafiliasi dengan ketua tim kampanye 01 Erick Thohir, bergerak merespon sidang putusan sengketa pilpres 2019 Mahkamah Konstitusi hari ini, Kamis (27/6).

Pengumuman hasil sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) digelar hari ini, Kamis (27/6) sejak siang tadi. Beberapa saham yang berkaitan dengan pasangan calon presiden, baik dari kubu 01 maupun 02, sedikit-banyak lajunya terpengaruh oleh sentimen ini.

Sebut saja PT Mahaka Media Tbk (ABBA) yang hari ini harganya naik hingga 27,45% atau sebanyak 42 poin menjadi berada di level Rp 195 per saham. Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) kubu 01, Erick Thohir, menduduki posisi Komisaris Utama perusahaan.

Selain itu, Erick Thohir juga menduduki kursi sebagai Komisaris Utama PT Beyond Media yang merupakan pemegang saham mayoritas Mahaka Media sebanyak 51,8% atau setara 1,42 miliar saham. "Tentu ada (pengaruh pengumuman sidang MK), karena ada tokoh politik di dalam (perusahaan)," kata Analis Panin Sekuritas William Hartanto kepada Katadata.co.id, Kamis (27/6).

Sementara, laju saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) pada perdagangan hari ini, terkoreksi sebesar 3,31% atau setara 120 poin menjadi berada di level Rp 3.510 per saham. Cawapres dari kubu 02, Sandiaga Uno, merupakan pemegang saham perusahaan dengan porsi saham sebesar 21,5% atau sebanyak 583 juta saham.

Advertisement

(Baca: Saratoga Bagikan Dividen, Sandiaga Uno Kantongi Rp 64 Miliar)

William mengungkapkan, pengaruh Sidang MK ini, bakal berpengaruh kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki 'hubungan' dengan kedua kubu capres, hingga perdagangan pasar modal pekan depan.

Dia mengatakan, hingga sepekan ke depan, harga saham Mahaka diperkirakan bakal bergerak di antara level Rp 200 hingga Rp 220 per saham. Sedangkan Saratoga diprekirakan bergerak antara level Rp 3.400 hingga Rp 3.500 per saham.

Senada, analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai pergerakan saham Mahaka dan Saratoga dipengaruhi oleh sentimen Sidang MK, meski juga sesuai dengan laju saham secara teknikal. "Kalau untuk hari ini, Kamis (27/6) mungkin kebetulan faktor sidang MK mempengaruhi (laju harga saham kedua perusahaan)," kata Nafan.

Secara teknikal, Nafan mengatakan, penguatan harga saham Mahaka karena sebelumya telah melewati fase menguat secara konsolidasi.  Sementara, pelemahan harga saham Saratoga pada perdagangan hari ini, juga disebabkan oleh pergerakan harga saham yang memasuki fase pelemahan secara konsolidasi.

Nafan memprediksi, laju saham Saratoga pada perdagangan besok, Jumat (28/6), hanya akan terkonsolidasi dengan estimasi harganya support di level Rp 3.450 dan resistance di level Rp 3.650 per saham. Sedangkan saham Mahaka, memiliki support di level Rp 183 per saham dan resistance di level Rp 204 per saham.

(Baca: Harga Saham Saratoga Sandi Anjlok, Ini Nasib Saham Mahaka Erick Thohir)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait