Sosok Harun Masiku, dari Pengacara hingga Jadi Buron KPK

Hari Widowati
14 Januari 2020, 09:46
Harun Masiku, siapakah Harun Masiku, caleg PDIP, buron KPK, kasus suap Komisioner KPU, profil Harun Masiku
Dok. Infocaleg
Mantan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan eks calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terhadap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Harun kini menjadi buron karena telah terbang ke Singapura pada 6 Januari 2020, dua hari sebelum KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wahyu.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Arvin Gumilang, mengatakan Harun tercatat meninggalkan Indonesia ke Singapura melalui Bandara Soekarno-Hatta. Seperti dikutip dari Kompas.com, Ditjen Imigrasi belum mencatat kembalinya Harun ke Indonesia.

KPK bekerja sama dengan Kepolisian RI untuk meminta bantuan National Central Bureau (NCB) Interpol demi mengejar Harun. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yakin KPK dapat segera menangkap Harun. "Saya kira untuk koruptor tidak akan sulit ditemukan," kata Gufron seperti dikutip Kompas.com, Senin (13/1). KPK juga meminta Harun menyerahkan diri.

Harun diduga menyuap Wahyu dengan uang Rp 600 juta, untuk membantunya menggantikan caleg Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) PDIP asal daerah pemilihan Sumatera Selatan I, Nazarudin Kiemas, yang meninggal dunia. 

(Baca: KPK Gandeng Imigrasi Cari Kader PDIP Harun Masiku di Luar Negeri)

Pengacara yang Terjun ke Dunia Politik

Siapakah sebenarnya Harun Masiku dan bagaimana kiprahnya sebagai politisi? Harun Masiku lahir di Jakarta, 21 Maret 1971. Ia merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar tahun 1994.

Seperti dilansir Liputan6.com, Harun sempat bekerja sebagai pengacara di Dimhart and Association Law Firm, Jakarta selama setahun dari 1994 hingga 1995. Setelahnya, ia menjadi pengacara korporat di PT Indosat, Tbk hingga 1998.

Harun melanjutkan studinya di bidang Hukum Internasional di University of Warwick United Kingdom pada 1998 hingga 1999. Saat mengenyam pendidikan di Inggris, ia tercatat pernah menjadi Ketua Persatuan Pelajar Indonesia United Kingdom West Midland.Sejak 2003 hingga saat ini, ia masih menjabat sebagai Senior Partner Johannes Masiku & Associates Law Offices.

Sebelum menjadi kader PDIP, Harun memulai karier politiknya di Partai Demokrat. Ia tercatat sebagai Tim Sukses Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono dalam Pemenangan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Partai Demokrat pada 2009.

Selain itu, Harun pernah menjadi Tenaga Ahli Komisi III DPR pada 2011. Ia juga merupakan Anggota Perhimpunan Advokat Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...