Jokowi-Ma'ruf Dapat Dukungan dari Puluhan Kiai Sepuh NU Jatim

Hari Widowati
24 Januari 2019, 10:18
Jokowi dan Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma\'ruf Amin usai pengundian nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta.

Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapatkan dukungan dari puluhan kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur. Dukungan ini semakin memperkuat target Jokowi-Ma'ruf untuk meraup 70% suara di Jatim pada Pilpres 2019.

"Kami kiai-kiai Jatim dan tentu warga NU satu kata, satu kalimat, satu barisan dalam Pilpres yang akan datang. Suara kami untuk Kiai Ma'ruf," kata perwakilan kiai sepuh NU, KH Anwar Iskandar seperti dikutip Antara di Surabaya, Rabu (23/1) malam.

Selain memberikan dukungan bagi Jokowi-Ma'ruf, mereka juga sepakat mengoptimalkan basis suara yang dimiliki melalui jaringan pondok pesantren dan alumni yang tersebar di seluruh Jatim. Para kiai sepuh sepakat mendorong Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melaksanakan istighosah besar dalam rangka memperingati hari lahir NU serta mendoakan keselamatan bangsa dan negara menjelang perhelatan pesta demokrasi. "Dalam rangka hari lahir NU, kita kumpulkan sekian juta (kader NU) di Jakarta," ujar dia.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Pendiri Pondok Pesantren Lirboyo KH Anwar Manshur, Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah KH Zainuddin Djazuli, Pengasuh Pesantren Al Amin, KH Anwar Iskandar, dan Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar. Selain itu, ada kiai sepuh lain seperti KH Fuad Mun'im Jazuli, KH Abdullah Kafabih, KH Ali Masyhuri, KH Idris Hamid, KH Nuruddin, KH A Muqsit Idris, KH Ja'far Yusuf, dan KH Abdul Matin. Kemudian, KH Syafi'uddin Wahid, KH A Salam, KH Abd A'la, KH Mutawakkil Alallah, KH Ubaidillah Faqih, LH Ahmad Fahrur Rozi, KH Abdulhadi, KH Syamli Muqsith, KH Fuad, dan KH Ramdlan Siraj.

(Baca: Kampanye di Jatim, Ma'ruf Amin Optimistis Raih 70% Suara)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...