Jokowi: Intoleransi Sering Terjadi karena Pengaruh Politik

Ameidyo Daud Nasution
12 November 2018, 21:07
Pelantikan Gubernur
Oji/Humas Kepresidenan
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin kirab pasangan kirab pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan, dari Istana Merdeka menuju Istana Negara, Jakarta, Senin (1/10).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai intoleransi kerap terjadi karena pengaruh peristiwa politik dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hingga Pemilihan Presiden (Pilpres). Kepentingan politik yang dijalankan dengan cara tidak beretika ini acapkali membuat masyarakat berbenturan sehingga harus dihindari.

Hal tersebut disampaikan Presiden ketika menerima para milenial serta anggota paduan suara gereja di Istana Bogor. Para milenial tersebut merupakan peserta Kongres Indonesia Millennial Movement 2018, sedangkan paduan suara yang hadir merupakan panitia dan pemenang Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani).

Advertisement

"Pemilihan bupati, walikota, gubernur, dan presiden. Kejadiannya banyak dimulai dari situ," kata Jokowi kepada para milenial seperti dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (12/11). Ia mencontohkan, media sosial kerap berisi muatan intoleransi dan mengaduk-aduk masyarakat. Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan perpecahan.

Hal yang sama disampaikan di depan Pepari. Jokowi berharap intoleransi dan ekstremisme tidak merasuk ke masyarakat. Jokowi bahkan memberi contoh paduan suara mengajarkan filosofi kerukunan Indonesia. Dia mengatakan suara sopran, alto, tenor, serta bas dalam paduan tidak saling mendominasi.

Sebaliknya membuat kesatuan suara yang indah. "Harus saling menjaga dan mengurangi ego masing-masing untuk mendapat suara yang padu, harmonis, dan indah," kata Jokowi.

(Baca: Program Ekonomi Prabowo-Sandi Dinilai Mirip dengan Jokowi-Ma'ruf)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement